BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU

Nurasiah Hasanah, NIM.: 18200010169 (2023) BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU)
18200010169_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BERMAIN ANGKLUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TK AL-MA’ARIF BANJARSARI-CIAMIS: PERSPEKTIF GURU)
18200010169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pada anak usia dini menjadi penting karena pada masa ini merupakan masa keemasan (golden age) dimana semua kecerdasan siswa sedang berkembang dengan baik terutama dalam pengembangan kecerdasan emosional namun memerlukan stimulus dan rangsangan untuk mengembangkannya. TK Al-Ma’Arif berhasil menjadikan kegiatan bermain angklung sebagai stimulus dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggetahui: (1) metode-metode dan pendekatan yang dilaksanakan dalam kegiatan bermain angklung, (2) faktor-faktor pendorong dan kendala dalam bermain angklung, (3) dan hasil dari pelaksanaan kegiatan bermain angklung sebagai upaya meningkatkan kecerdasan emosional berdasarkan perspektif guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan subjeknya teridiri dari tiga orang guru, satu tentor angklung, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan metode Trianggulasi dan data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional siswa dapat meningkat melalui upaya guru menggunakan kegiatan bermain angklung dengan menggunakan tiga penerapan metode yaitu, metode orkestra/ansamble, metode benangi (bendera nada pelangi), dan metode instruksi akor. Selain penerapan metode-metode tersebut, siswa juga mendapatkan pendekatan-pendekatan khusus berupa penerapan hal-hal positif yang dilakukan secara continue dan berulang sehingga menjadi kebiasaan positif dan meningkatkan kecerdasan emosional siswa. (2) faktor-faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan kegiatan bermain angklung ada dua yaitu: faktor internal yang cerasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri individu. (3) Hasil dari kegiatan bermain angklung menurut perspektif guru menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa berkembang dan meningkat setelah adanya kegiatan bermain angklung Dari adanya kegiatan bermain angklung kegiatan pembelajaran untuk siswa lebih terarah, lebih menyenangkan, dan membuat banyak perubahan pada siswa terutama dalam hal membina hubungan dan komunikasi dengan temantemannya, sedangkan untuk guru dengan adanya kegiatan bermain angklung menjadikan kegiatan bermain angklung sebagai media belajar yang asik dan sebagai media bimbingan dan konseling untuk siswa. Belum adanya guru BK/ Konselor di sekolah TK menjadikan tugas guru TK untuk berperan ganda sebagai guru sekaligus konselor siswa yang membimbing dan mengarahkan siswa pada hal-hal yang lebih baik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Permainan Angklung, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Mar 2023 13:56
Last Modified: 03 Mar 2023 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56878

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum