REPRESENTASI MASKULINITAS BARU PADA PROGRAM PELIBATAN LAKI-LAKI DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI KELUARGA OLEH RIFKA ANNISA

Khoirunnisa, NIM.: 18200010244 (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS BARU PADA PROGRAM PELIBATAN LAKI-LAKI DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI KELUARGA OLEH RIFKA ANNISA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI MASKULINITAS BARU PADA PROGRAM PELIBATAN LAKI-LAKI DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI KELUARGA OLEH RIFKA ANNISA)
18200010244_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI MASKULINITAS BARU PADA PROGRAM PELIBATAN LAKI-LAKI DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN DI KELUARGA OLEH RIFKA ANNISA)
18200010244_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih sering terjadi, mayoritas dari pelaku kekerasan adalah laki-laki. Konstruksi dadi wong lanang memiliki peran dan tanggung jawab sosial, dimana tuntutan ini bisa menjadi beban bagi laki-laki dan bisa memicu terjadinya KDRT. Sudah banyak upaya yang telah dilakukan stakeholder untuk pencegahan dan penanganan kekerasan menggunakan perspektif korban. Oleh sebab itu, diperlukan perspektif laki-laki sebagai pelaku KDRT dalam upaya pencegahan kekerasan di keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi sosial nilai-nilai maskulinitas lama dan nilai-nilai maskulinitas baru yang diberikan Rifka Annisa melalui program pelibatan lakilaki dalam pencegahan kekerasan di keluarga. Kajian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: Bagaimana maskulinitas diproduksi dan direpresentasikan dalam keluarga? Apa saja bentuk-bentuk maskulinitas tradisional yang dapat memicu terjadinya kekerasan? Bagaimana nilai-nilai maskulinitas baru direpresentasikan dalam kehidupan keseharian? dan Apa saja hambatan yang dihadapi para peserta kelas ayah dalam merepresentasikan nilai-nilai maskulinitas baru?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam pada kelompok laki-laki dewasa atau ayah. Responden dalam penelitian ini adalah para peserta kelas ayah yang berusia 30-50 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis maskulinitas dan representasi sosial Serge Moscovici. Studi ini menunjukkan bahwa konstruksi maskulinitas diproduksi dan direpresentasikan melalui proses internalisasi secara terus menerus di lingkungan keluarga berupa nasihat dan pola asuh keluarga. Laki-laki sebagai kepala keluarga, pencari nafkah utama, pengayom dan bertanggung jawab adalah bentuk representasi sosial atas konstruksi ideal dadi wong lanang. Konstruksi ini memicu terjadinya KDRT, karena laki-laki tidak bisa memenuhi konstruksi dadi wong lanang. Kekerasan yang ditemukan dibagi menjadi dua, yakni: Pertama, kekerasan verbal berupa mengumpat, membentak, dan intimidasi. Kedua, kekerasan non-verbal berupa pemukulan fisik, membanting barang dan marital rape. Para peserta kelas ayah mendapatkan pengetahuan dan perspektif baru tentang dadi wong lanang diproduksi melalui forum FGD kelas ayah. Forum ini mendorong peserta kelas ayah untuk merefleksikan pengalaman mereka berkomunikasi dengan pasangan dan keluarga, pengasuhan anak serta dadi wong lanang di era modern. Representasi maskulinitas baru berupa: pemutusan rantai kekerasan antar generasi, ayah terlibat dalam pengasuhan anak dan pekerjaan domestik. Hambatan yang dialami peserta kelas ayah terbagi menjadi dua yakni: hambatan internal dan hambatan eksternal. Hal ini karena konstruksi maskulinitas telah mengakar kuat dalam individu laki-laki maupun masyarakat yang membutuhkan waktu panjang untuk mendekonstruksi konstruk tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro’fah, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Representasi Sosial, Dadi Wong Lanang, KDRT, Maskulinitas
Subjects: Gender
Keluarga Sejahtera
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Mar 2023 14:17
Last Modified: 03 Mar 2023 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum