DINAMIKA ALTRUISME KELOMPOK MARJINAL DI PERKOTAAN: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA

Lely Masruroh, NIM.: 19200010036 (2023) DINAMIKA ALTRUISME KELOMPOK MARJINAL DI PERKOTAAN: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA ALTRUISME KELOMPOK MARJINAL DI PERKOTAAN: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA)
19200010036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA ALTRUISME KELOMPOK MARJINAL DI PERKOTAAN: STUDI PADA MASYARAKAT MUSLIM KAMPUNG LEDHOK TIMOHO YOGYAKARTA)
19200010036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

keberagamaan memiliki kadar yang berbeda pada setiap individu. Ketaatan umat beragama tidak hanya dilihat dari sisi intensitas ritual ibadah yang mereka lakukan. Akan tetapi, harus diimbangi dengan kebaikan terhadap sesama makhluk “altruisme”. Meminjam bahasa Gus Mus, “saleh ritual, saleh sosial”. Kualitas iman serta kualitas ibadah ditunjang dengan kualitas akhlak sosial, dalam arti mukmin yang beramal saleh itu adalah kesalehan mencangkup keduanya sekaligus yaitu ritual dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika altruisme kelompok marjinal di perkotaan yaitu masyarakat muslim Kampung Ledhok Timoho Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field search) menggunakan metode kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Subjek berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Warga Ledhok Timoho memiliki kelebihan moralitas sosial “altruisme” dengan landasan rasa ikhlas atau legowo. Hal tersebut karena pemahaman mereka mengenai agama yang dianutnya, khususnya pada agama Islam yang memberikan pengajaran tentang kebaikan. Kemudian, perilaku altruisme yang tampak dari masyarakat Ledhok Timoho apabila dikaji dalam teori Myers mengenai aspek-aspek altruisme, menunjukkan bahwa masyarakat Ledhok Timoho memiliki jiwa moralitas seperti: gotong royong sebagai wujud dari kepedulian terhadap sesama, toleransi beragama, kesediaan berbagi, dan ikhlas menerima keadaan. 2) Salah satu faktor personal dalam altruisme adalah religiusitas. Ditemukan bahwa warga kampung Ledhok Timoho dari aspek dimensi ideologis tercermin dalam aqidah yang kuat. Dimensi ritual tercermin dalam beberapa ritual keagamaan seperti sholat berjamaah, zakat, pengajian ahad pon, dan yasinan setiap malam Jum’at. Dimensi pengalaman beragama tercermin dalam sikap rasa syukur kepada Allah dan menerima ketetapan Allah. Dimensi intelektual tercermin dalam pengetahuan informan mengenai perbuatan baik dan buruk. Dan dimensi konsekuensial tercermin dalam sikap tolong menolong, peduli sesama, serta gotong royong. Prinsipnya, mereka memahami agama dalam bentuk perbuatan baik dan tidak menyakiti antar sesama.Selain itu faktor lain yang memperkuat munculnya altruisme warga Ledhok Timoho adalah karena kesamaan nasib.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nina Mariani Noor, SS., M.A.
Uncontrolled Keywords: Altruisme, Urban, Kaum Marjinal, Religiusitas
Subjects: Masalah Sosial
Psikologi
Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:17
Last Modified: 06 Mar 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum