TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN SUKU BUNGA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS): STUDI KASUS DI KSPPS AL-KAUTSAR GRINGSING BATANG

Abiyyu Mahir Ammar, NIM.: 20203011022 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN SUKU BUNGA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS): STUDI KASUS DI KSPPS AL-KAUTSAR GRINGSING BATANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN SUKU BUNGA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS): STUDI KASUS DI KSPPS AL-KAUTSAR GRINGSING BATANG)
20203011022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN SUKU BUNGA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS): STUDI KASUS DI KSPPS AL-KAUTSAR GRINGSING BATANG)
20203011022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Al-Kautsar merupakan salah satu amal usaha yang dimiliki oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah. Pada praktiknya KSPPS Al-Kautsar mendapatkan profit dari produk yang tersedia. Pada awalnya KSPPS tersebut menggunakan akad-akad islam dengan sistem bagi hasil. Namun, kemudian sistem bagi hasil berubah menjadi sistem bunga pada setiap produknya. Hal demikian dipengaruhi oleh pertimbangan rendahnya literasi masyarakat serta engganya masyarakat melakukan pembukuan dalam bagi hasil Islam. Peneliti mencoba untuk mengetahui alasan atau faktor penerapan suku bunga di KSPPS Al- Kautsar. Kemudian bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan suku bunga di KSPPS Al-Kautsar yang didasarkan pada faktor tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan dan dari hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti di lapangan, dalam hal ini penyusun mendeskripsikan dan menganalisa alasan dan faktor penerapan bunga pada KSPPS Al-Kautsar selanjutnya ditinjau oleh hukum Islam. Penerapan suku bunga pada KSPPS Al-Kautsar setelah dianalisa dengan menggunakan kaidah hukum islam dan nilai-nilai dasar hukum islam maka dapat disimpulkan bahwa alasan KSPPS Al-Kautsar menerapkan bunga merupakan keadaan hajat menyeluruh masyarakat sekitar sehingga dapat menempati keadaan darurat yaitu keadaan masyarakat yang minim literasi dan enggan mempraktikan akad-akad syar‟i seperti yang diterapkan KSPPS di awal berdirinya, sehingga mereka lebih memilih rentenir yang dianggap mudah tanpa keharusan pembukuan yang jelas. Selain itu KSPPS melandaskan penetapan bunga berdasarkan nilai-nilai dasar islam berupa tolong menolong, kemaslahatan, kelapangan penghutang. Dengan demikian penerapan suku bunga dianggap diperbolehkan dengan catatan bahwa apabila keadaan darurat yang menjadi pertimbangan penerapan bunga tersebut sudah hilang maka KSPPS Al-Kautsar harus kembali lagi menerapkan sistem bagi hasil sesuai dengan akad musyarakah ataupun murabahah sesuai dengan kaidah fikih aḍ-ḍarūratu tuqaddaru biqadriha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A
Uncontrolled Keywords: profit sharing; interest rates; sharia cooperative; Islamic law
Subjects: Ilmu Syariah
Simpan Pinjam - Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:31
Last Modified: 06 Mar 2023 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum