PRAKONDISI LABEL BPOM BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI REGULASI PENGIRIMAN KOMODITAS PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM

Eky Ariandi, NIM.: 18103080063 (2022) PRAKONDISI LABEL BPOM BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI REGULASI PENGIRIMAN KOMODITAS PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PRAKONDISI LABEL BPOM BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI REGULASI PENGIRIMAN KOMODITAS PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM)
18103080063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PRAKONDISI LABEL BPOM BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI REGULASI PENGIRIMAN KOMODITAS PERDAGANGAN INTERNASIONAL DALAM PRESPEKTIF HUKUM ISLAM)
18103080063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang dapat berkembang dan konsisten dalam perekonomian suatu negara ataupun daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi pengiriman produk ke luar negeri bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum mempunyai label BPOM dilihat dari persektif hukum Negara Republik Indonesia dan hukum islam dan apa saja sanksi hukum bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum mempunyai label BPOM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan penelitian berupa studi dokumen atau teks studi dokumen. Penelitian ini merupakan kajian yang menitik beratkan pada analisis bahan tertulis berdasarkan konteksnya. sehingga peneliti harus berusaha menemukan teori tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan terhadap penyelenggara perlindungan konsumen dan penerapan ketentuan peraturan perundang-undangannya dilaksanakan oleh pemerintah, masyarakat dan BPOM.sedangkan untuk sanksi yang diberikan kepada produk UMKM yang belum mencantumkan label sudah dalam dituangkan undang-undang perlidungan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syafaul Mudawam, MA, MM
Uncontrolled Keywords: produk UMKM; label BPOM; perlindungan hukum
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:56
Last Modified: 06 Mar 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum