TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP BALLPRESS PAKAIAN BEKAS (STUDI KASUS DI THRIFTSHOP BRANDED SECOND SOLO KOTA SURAKARTA)

Brilian Hafied Alfero, NIM.: 18103080030 (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP BALLPRESS PAKAIAN BEKAS (STUDI KASUS DI THRIFTSHOP BRANDED SECOND SOLO KOTA SURAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP BALLPRESS PAKAIAN BEKAS (STUDI KASUS DI THRIFTSHOP BRANDED SECOND SOLO KOTA SURAKARTA))
18103080030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP BALLPRESS PAKAIAN BEKAS (STUDI KASUS DI THRIFTSHOP BRANDED SECOND SOLO KOTA SURAKARTA))
18103080030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Minat sebagian orang terhadap gaya hidup tak terlepas dari tren fashion dan tren pengembangan bisnis yang sedang berkembang pada saat ini. Dalam hal ini pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia yang dapat melindungi dari hawa panas maupun dingin dan bisa menambah keindahan dalam berpenampilan yang baik. Sekarang ini sedang maraknya fenomena jual beli ballpress pakaian bekas impor yang ada di Indonesia. Ballpress pakaian bekas ini bersifat untung-untungan, membeli ballpress ini tidak dapat melihat kondisi isi pakaian bekas yang ada didalamnya secara langsung dalam hal ini ballpress bersifat segel. Bagus atau tidaknya isi pakaian tersebut bisa dilihat apabila pembeli sudah membeli dan membongkarnya. Hal ini menimbulkan spekulasi terdapat unsur ketidakjelasan (garar) dan penetapan Peraturan Menteri Perdagangan terkait larangan impor pakaian bekas. Berdasarkan latar belakang timbul permasalahan yaitu; Bagaimana praktik jual beli pakaian bekas impor di thriftshop Branded Second Solo? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap ballpress pakaian bekas impor di toko Branded Second Solo tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif yang menilai masalah dengan hukum Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan dilengkapi sekunder. Dalam praktiknya, ballpress pakaian bekas dijual kepada konsumen diberikan begitu saja dalam karung berisikan pakaian bekas yang nantinya akan dijual kembali sehingga para pembeli tidak tahu menahu wujud isi yang ada didalamnya tersebut secara detail, sedangkan dalam transaksi Ekonomi Islam menekankan bahwa jual beli harus melihat unsur-unsur yang ada didalamnya sepertinya halnya riba, maysir atau judi, mengandung unsur garar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Mughits, S.Ag.M.Ag
Uncontrolled Keywords: jual beli; ballpress; used clothing; business application; garar
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2023 10:27
Last Modified: 06 Mar 2023 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum