PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 MATERI EKOSISTEM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KLECO

Tsaqifa Taqiyya Ulfah, NIM.: 19104080059 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 MATERI EKOSISTEM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KLECO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 MATERI EKOSISTEM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KLECO)
19104080059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 MATERI EKOSISTEM KELAS V SD MUHAMMADIYAH KLECO)
19104080059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu [1] Bagaimana prosedur dari pengembangan modul berbasis Augmented Reality pada Tema 5 Subtema 1 Materi Ekosistem Kelas V SD? [2] Bagaimana kelayakan modul berbasis AR? [3] Bagaimana respon calon pengguna terhadap modul berbasis AR. Peneliti menggunakan metode R&D model Thiagarajan/4D dengan tiga tahap yaitu define, design, dan development karena terdapat keterbatasan yang dialami. SD Muhammadiyah Kleco menjadi tempat pilihan peneliti dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini berlangsung pada Selasa, 31 Januari 2023. Guru wali kelas dan 30 Siswa Kelas V Amanah dipilih peneliti sebagai subjek penelitian. Selain itu, terdapat ahli materi, bahasa, media, dan reviewer juga melakukan penilaian. Teknik akumulasi data yang digunakan yaitu wawancara, instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian diukur dengan Skala Likkert dan Guttman. Skala Likkert digunakan untuk mengukur respon dari ahli materi, media, dan bahasa dalam bentuk “Sangat Baik,” ”Baik,” “Kurang Baik,” “Tidak Baik,” dan “Sangat Tidak Baik.” Sedangkan skala Guttman digunakan untuk mengukur keterbacaan siswa yang berupa jawaban “Ya” dan “Tidak”. Analisis penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa [1] media berupa modul IPA berbasis AR Tema 5 Subtema 1 materi ekosistem berhasil dikembangkan. Modul berisi materi, ilustrasi, marker yang digunakan untuk merealisasikan objek 2D/3D dalam dunia nyata, video, dan evaluasi. [2] Modul IPA berbasis AR layak digunakan karena berdasarkan penilaian ahli media, materi, dan ahli bahasa. Ahli bahasa memperoleh skor 18>15,8; ahli media 19>15,8; dan ahli materi 51>39,6. [3] Sedangkan respon pada uji keterbacaan reviewer menunjukan sebesar 100%, guru 100%, dan siswa 100%. Hal tersebut menunjukan bahwa kategori respon calon pengguna tergolong positif, dengan demikian modul IPA berbasis Augmented Reality Tema 5 Subtema 1 materi ekosistem berhasil dikembangkan dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, S.Pd., M.Or.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Thiagarajan, Modul Ekosistem, Modul Pembelajaran IPA Augmented Reality
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2023 11:34
Last Modified: 06 Mar 2023 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum