PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (STUDI KASUS DESA PRAGAAN LAOK, KECAMATAN PRAGAAN, KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2021-2022)

Bagis Syarof, NIM.: 18103070096 (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (STUDI KASUS DESA PRAGAAN LAOK, KECAMATAN PRAGAAN, KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2021-2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (STUDI KASUS DESA PRAGAAN LAOK, KECAMATAN PRAGAAN, KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2021-2022))
18103070096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (STUDI KASUS DESA PRAGAAN LAOK, KECAMATAN PRAGAAN, KABUPATEN SUMENEP TAHUN 2021-2022))
18103070096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peraturan desa (Perdes) adalah salah satu produk hukum yang dibentuk oleh pemerintah desa untuk mengatur jalannya pemerintahan di desa. Namun dalam pembentukannya, masyarakat harus terlibat dalam pembentukan peraturan desa tersebut, karena Perdes juga merupakan hajat orang sedesa, bukan kepentingan segelintir orang saja. Penulis memilih Desa Pragaan Laok sebagai tempat melakukan penelitian, karena di desa tersebut partisipasi masyarakat dalam pembentukan Perdes kurang transparan. Bahkan pemerintah desa, hanya mempunyai laman Facebook, akun Facebook, dan Grup FB, dan di dalamnya tidak ada sama sekali imformasi-informasi tentang peraturan desa. Oleh, karena itu, penulis memutuskan untuk menelisik di desa terebut, bagaimana masyarakat berpartisipasi dalam pembentukan peraturan desa, dan kemudian hasil penelitian tersebut akan dianalisis menggunakan teori Siyasah dusturiyah, karena teori tersebut dinilai cocok untuk menganalisis permasalahan ini. Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode, dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap pejabat pemerintah desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan masyarakat Desa Pragaan Laok. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu dalam penyelesaian masalah melalui pengumpulan data, menyusun, menganalisa data, kemudian dijelaskan. Hasil penelitian penulis tentang partisipasi masyarakat dalam pembentukan peraturan desa di Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, bahwa masyarakat di desa tersebut tidak berpartisipasi secara langsung dalam rapat pembentukan peraturan desa. Masyarakat menyampaikan aspirasinya melalui perangkat desa terdekat. Kemudian perangkat desa terdekat yang sudah menampung aspirasi tersebut, menyampaikan aspirasi masyarakat dalam forum musyawarah pembentukan peraturan desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Gugun El Guyanie, S.H., LL.M.
Uncontrolled Keywords: publik participation; village regulation; siyasah dusturiyah
Subjects: Ekonomi Syariah
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2023 11:35
Last Modified: 06 Mar 2023 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum