IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Ninin Hairun Nisa, NIM.: 05240002 (2011) IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi manajemen yang dilakukan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Madrasah Diniyah adalaha salah satu tingkatan kelas yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Di madrasah ini santri diajarkan mengenai ilmu-ilmu agama, yang berguna bagi kehidupan di dunia dan di akhirat. Pola pendidikan di madrasah diniyah ini bersifat klasikal, yang terdiri dari kelas ula, i’dadiyah, wustho, dan ulya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif, yaitu menjelaskan dan menguraikan data-data yang telah dikumpulkan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala madrasah diniyah, staff kurikulum dan kesiswaan, dan sebagian santriwati Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi manajemen yang dilakukan lembaga ini adalah suatu sistem yang terdiri dari input, proses dan output. Sedangkan kualitas pendidikan di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Wahid Hasyim bersifat relatif, artinya baik tidaknya kualitas ini dapat dilihat dari tercapai tidaknya standar yang telah ditetapkan oleh lembaga ini. Adapun standar yang telah ditetapkan di lembaga ini yaitu, santri dapat memahami bidang-bidang dirasah yang diajarkan telah dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pendidikan, Manajemen, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:37
Last Modified: 07 Mar 2023 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum