MANAJEMEN BISNIS RASULULLAH (STUDI PEMIKIRAN AFZALUR RAHMAN DALAM BUKUNYA MUHAMMAD SEBAGAI SEORANG PEDAGANG)

Abulaka, NIM.: 05240038 (2011) MANAJEMEN BISNIS RASULULLAH (STUDI PEMIKIRAN AFZALUR RAHMAN DALAM BUKUNYA MUHAMMAD SEBAGAI SEORANG PEDAGANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BISNIS RASULULLAH (STUDI PEMIKIRAN AFZALUR RAHMAN DALAM BUKUNYA MUHAMMAD SEBAGAI SEORANG PEDAGANG))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BISNIS RASULULLAH (STUDI PEMIKIRAN AFZALUR RAHMAN DALAM BUKUNYA MUHAMMAD SEBAGAI SEORANG PEDAGANG))
BAB II, BAB III, BAB IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sepanjang sejarah, kajian yang ditulis para akademesi, peneliti, dan sejarawan tentang biografi Nabi Muhammad SAW hanya berhenti pada pembahasan Muhammad sebagai Nabi saja. Dari itu, pemahaman secara umum tercipta selama ini adalah bahwa Muhammad sosok manusia sebagai utusan Allah yang membawa nilai-nilai agama saja. Padahal ada realitas yang terdapat pada diri Muhammad sebagai manusia biasa, yaitu sebagai jendral perang, negarawan, pemimpin yang adil, juga pembisnis fenomenal yang tidak pernah mengalami kerugian. Namun, pengetahuan masyarakat dunia terhadap sosok Muhammad yang memiliki jiwa enterpreneur (pelaku bisnis) masih minim. Hal ini dikarenakan terbatasnya buku yang memotret perjalanan bisnis Rasulullah. Bandingkan durasi masa bisnisnya Rasulullah dengan masa berdakwahnya. Rasulullah ketika usia 12 tahun sudah memulai aktivitas bisnis bersama pamannya Abu Thalib ke kota Syam dan Syiria. Sampai beliau menikah dengan Siti Khadijah, bahkan ketika Muhammad sudah menjadi seoarang Rasul masih melakukan transaksi meskipun hanya beberapakali. Nabi Muhammad mendapat gelar seorang Rasul ketika berumur 40 tahun sampai beliau wafat umur 63 tahun. Itu artinya durasi waktu sebagai Nabi lebih kurang 23 tahun (usia 40–63 tahun), sedangkan durasi sebagai pembisnis kurang lebih 25 tahun (usia 12-37). Persoalannya fakta sejarah tersebut belum banyak dipahami umat Islam secara umum. Di tengah kekosongan kajian yang membahas potret bisnis Rasulullah. Afzalur Rahman sebagai intelektual dan pemikir Muslim datang membawa hasanah baru diantara karya-karya yang sudah ada terkait biografi Muhammad. Afzalur Rahman membawa perspektif baru sehigga memunculkan kajian ilmiah berbagai sisi kehidupan Rasulullah termasuk sisi kehidpuan dalam dunia bisnis. Dari sudut pandang itulah Afzalur Rahman dianugerahi sebagai pemikir muslim yang menciptakan ensiklopedi Muhammad. Dalam konteks Indonesia, pemikiran Afzalur Rahman sangat mempengaruhi pemikiran intelektual Muslim Indonesia. Melalui karyanya yang diterjemhakan kedalam bahasa Indonesia, Muhammad Sebagai Seorang Pedagang pada tahun 1996. Hampir semua karya tentang sisi kehidupan Muhammad dalam bidang bisnis yang ditulis intelektual Indonesia dipastikan mencantumkan buku Muhammad Sebagai Seorang Pedagang sebgai referensi utama. Dari itulah penulis menggunakan buku tersebut sebagai sumber data primer dalam meneliti potret manajemen bisnis Rasulullah dalam. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif-analitik-komparatif. Hasil dari analisis keberhasilan Rasulullah dalam berbisnis tidak terlepas dari prinsip-prinsip manajemen yang diterapkannya dalam berbisnis. Dengan penelitian ini, penulias berharap kita dapat mengetahui prinsipprinsip dan manajmen bisnis Rasulullah, dapat memberikan informasi jejak bisnis secara islami sebagaimana yang dipraktekan Nabi Muhammad dan memberi pemahaman baru bahwa Rasulullah juga sebagai pembisnis yang sukses kemudian fakta sejarah tersebut dapat digunakan masyarakat Muslim sebagai motivasi mencapai kebahagiaan dunia melalui berbisnis (berdagang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Andy Dermawan, M.Ag dan Toriq Nurmadiyansyah, S. Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: Afzalurahman, Bisnis Rasulullah, Ekonomi Islam
Subjects: Islam dan Pemikiran
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:40
Last Modified: 07 Mar 2023 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum