MOTIVASI ORANG TUA PADA ANAK SMP YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ANAKNYA TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL DI DESA KROYO, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO)

Yusuf Rifa’i, NIM.: 06220017 (2011) MOTIVASI ORANG TUA PADA ANAK SMP YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ANAKNYA TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL DI DESA KROYO, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI ORANG TUA PADA ANAK SMP YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ANAKNYA TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL DI DESA KROYO, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI ORANG TUA PADA ANAK SMP YANG TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL TAHUN 2010 (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ANAKNYA TIDAK LULUS UJIAN NASIONAL DI DESA KROYO, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN PURWOREJO))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena standar kelulusan bagi siswa dari tahun ke tahun yang terus meningkat sangat memberatkan siswa, sehingga tidak sedikit siswa yang gagal dalam Ujian Nasional, pada tahun 2010 persentase kelulusan hanya 76,98 persen. Untuk itu perlu adanya motivasi oleh orang tua pada anak agar anak dapat kembali bersemangat dalam kehidupan dan mau menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran kepada jurusan BKI dalam mengembangkan bimbingan dan motivasi pada siswa bermasalah dan diharapkan kajian ini dapat memberi kontribusi pemikiran bagi khasanah ilmu pengetahuan dan dapat menjadi bahan masukan bagi peneliti berikutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasuistik motivasi orang tua pada anak SMP yang tidak lulus Ujian Nasional di Desa Kroyo, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Subyek dari penelitian ini berjumlah 8 orang, yang terdiri 3 keluarga, sedangkan obyek penelitiannya adalah kondisi psikologis anak serta motivasi orang tua. Metode pengumpulan data dengan cara interview dan observasi. Analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yakni hasil analisis berupa analisis dari gejala yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi psikologis pada anak yang tidak lulus Ujian Nasional meliputi rasa sedih, tidak mempunyai semangat dan malu, sedang motivasi orang tua pada anak meliputi nasehat, memberikan hadiah dan melepaskan dari pekerjaan, hasil dalam memotivasi anak adalah anak tidak sedih, mempunyai semangat lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhsin, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Psikologis Anak, Motivasi Orang Tua, Ujian Nasional
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 10:47
Last Modified: 07 Mar 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum