KONSTRUKSI PEMBERITAAN KASUS MAFIA PAJAK GAYUS HALOMOAN PARTAHANAN TAMBUNAN DI HARIAN UMUM REPUBLIKA EDISI JANUARI 2011

Siti Nuraenah, NIM.: 07210082 (2011) KONSTRUKSI PEMBERITAAN KASUS MAFIA PAJAK GAYUS HALOMOAN PARTAHANAN TAMBUNAN DI HARIAN UMUM REPUBLIKA EDISI JANUARI 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN KASUS MAFIA PAJAK GAYUS HALOMOAN PARTAHANAN TAMBUNAN DI HARIAN UMUM REPUBLIKA EDISI JANUARI 2011)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMBERITAAN KASUS MAFIA PAJAK GAYUS HALOMOAN PARTAHANAN TAMBUNAN DI HARIAN UMUM REPUBLIKA EDISI JANUARI 2011)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Gayus Halomoan Partahanan Tambunan atau hanya Gayus Tambunan, ditahan setelah tersandung kasus mafia pajak di Ditjen Pajak RI. Berita tersebut telah menarik perhatian masyarakat akan bobroknya penangan hukum dan tindak korupsi di negeri ini. Pemberitaan di media baik cetak maupun elektronik selalu dinanti oleh masyarakat untuk mengetahui kelanjutan penanganan kasus yang merugikan negara dengan jumlah yang sangat fantastis tersebut. Harian umum Republika sebagai surat kabar harian berbasis islami dan berskala nasional, memiliki kebijakan sendiri dalam mengkonstruksikan tokoh Gayus Tambunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi yang dilakukan harian umum Republika terhadap kasus mafia pajak Gayus Tambunan dalam pemberitaannya di edisi Januari 2011. Penelitian ini bersifat deskriptifkualitatif, yakni penelitian yang berusaha untuk melukiskan secara sistematis fakta secara faktual dari hasil menggambarkan keadaan subjek dan objek penelitian. Setelah melakukan analisis menggunakan model analisis wacana Theo Van Leeuwen, diperoleh kesimpulan: konstruksi yang dibangun oleh harian umum Republika terhadap kasus mafia pajak Gayus Tambunan ialah memarjinalkan sosok Gayus Tambunan sebagai tersangka kasus mafia pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kasus Korupsi, Harian Umum Republika, Kasus Mafia Pajak Gayus Tambunan
Subjects: Penyiaran Islam
Pajak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 11:06
Last Modified: 21 Jul 2023 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum