PERSELISIHAN SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MEDAN NOMOR 2804/PDT.G/2020/PA.MDN)

Widya Pradella, NIM.: 18103050018 (2022) PERSELISIHAN SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MEDAN NOMOR 2804/PDT.G/2020/PA.MDN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSELISIHAN SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MEDAN NOMOR 2804/PDT.G/2020/PA.MDN))
18103050018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSELISIHAN SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN (ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA MEDAN NOMOR 2804/PDT.G/2020/PA.MDN))
18103050018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan merupakan suatu ikatan yang dibentuk antara seorang laki-laki dan seorang perempuan dengan melalui akad yang sah dan memenuhi rukun serta syarat perkawinan dan menjadi peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan. Dan tujuan pernikahan adalah untuk membentuk keluarga yang harmonis, bahagia dan sejahtera. Namun kenyataannya dalam rumah tangga tidak selamanya rukun dan bahagia. Karena terdapat dinamika dalam rumah tangga yang tidak selalu berjalan mulus. Setiap pernikahan yang terjalin antara seorang laki-laki dan perempuan, selalu ada perbedaan pendapat atau ketidaksepahaman antara pasangan tersebut, sehingga mengakibatkan perselisihan diantara keduanya. Perselisihan yang terjadi antara suami istri kerapsekali memicu pertengkaran yang berkepanjangan hingga mengakibatkan terjadinya perceraian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terhadap putusan Pengadilan Agama Medan dengan Nomor 2804/Pdt.G/2020/PA.Mdn terkait pertimbangan hukum serta yuridis terhadap pertimbangan dan putusan hukum . Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) dengan menggunakan pendekatan yuridis, yaitu peraturan perundang-undangan dan kompilasi hukum Islam. Serta menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi guna untuk menjawab rumusan masalah melalui analisis terhadap putusan Nomor 2804/Pdt.G/2020/PA.Mdn. Sedangkan kerangka teori dalam penelitian ini, yaitu mencakup perceraian, pengertian perselisihan. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : pertama, pertimbangan hukum yang dilakukan adalah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 dan Kompilasi Hukum Islam . Kedua, analisis yuridisnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 dan Kompilasi Hukum Islam, serta Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Bustanul Arifien, S.H., M. H.
Uncontrolled Keywords: perceraian; perselisihan; pertimbangan hukum
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Mar 2023 10:45
Last Modified: 07 Mar 2023 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum