AL 'ALAQAH BAINA TAMAKKUN QAWA'ID AL LUGHAH AL 'AARABIYYAH WA MAHARAH QIRAAH KUTUB AL TURATS LADA TALABAH FASL AL ALFIAH AL ULA FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA FI AL 'AM AL DIRASI 2022-2023

Salsabila Arju, NIM.: 18104020088 (2022) AL 'ALAQAH BAINA TAMAKKUN QAWA'ID AL LUGHAH AL 'AARABIYYAH WA MAHARAH QIRAAH KUTUB AL TURATS LADA TALABAH FASL AL ALFIAH AL ULA FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA FI AL 'AM AL DIRASI 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL 'ALAQAH BAINA TAMAKKUN QAWA'ID AL LUGHAH AL 'AARABIYYAH WA MAHARAH QIRAAH KUTUB AL TURATS LADA TALABAH FASL AL ALFIAH AL ULA FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA FI AL 'AM AL DIRASI 2022-2023)
18104020088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL 'ALAQAH BAINA TAMAKKUN QAWA'ID AL LUGHAH AL 'AARABIYYAH WA MAHARAH QIRAAH KUTUB AL TURATS LADA TALABAH FASL AL ALFIAH AL ULA FI MA'HAD AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA FI AL 'AM AL DIRASI 2022-2023)
18104020088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui sejauh mana pentingnya mempelajari nahwu shorof pada santri kelas alfiyah satu Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah dalam membaca kitab kuning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran tata Bahasa arab dan korelasinya dengan membaca kitab kuning. Dengan demikian, penelitian ini bermaksud untuk dijadikan bahan evaluasi bagi seluruh tenaga pendidikan khususnya di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dalam menerapkan metode untuk digunakan dalam proses pembelajaran tata bahasa arab dan juga membaca kitab kuning, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian Field Research. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun sumber primer data penelitian ini adalah dari guru tata bahasa arab, guru baca kitab, dan santri kelas alfiyyah satu. Dan sumber sekunder penelitian ini adalah buku-buku ilmiah, jurnal-jurnal ilmiah dan skripsi-skripsi ilmiah. Analisis data menggunakan Korelasi Pearson yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan Kolmogrof-smirnov sebagai syarat perhitungan statistik parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil nilai rata-rata penguasaan tata bahasa arab sebesar 90,34, (2) Hasil nilai rata-rata nilai kemampuan membaca kitab kuning sebesar 88,73. (3) Hasil analisis data dengan Uji Korelasi Pearson nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,00 < 0,05, artinya terdapat hubungan antara penguasaan tata bahasa arab dan pemahaman nahwu dengan derajat korelasi (Pearson Correlation) sebesar 0,717, yakni berada pada derajat korelasi sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Od.I.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Nahwu Shorof; kemampuan membaca; Kitab Kuning.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Mar 2023 13:44
Last Modified: 07 Mar 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum