FAKTOR YANG BERPERAN DALAM MELAHIRKAN KREATIVITAS BESAR SEORANG DIFABEL (STUDI PADA TARJONO SLAMET, MANAJER YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI CRAFT YOGYAKARTA)

Irma Dyah Saniscara, NIM.: 07220021 (2011) FAKTOR YANG BERPERAN DALAM MELAHIRKAN KREATIVITAS BESAR SEORANG DIFABEL (STUDI PADA TARJONO SLAMET, MANAJER YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI CRAFT YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR YANG BERPERAN DALAM MELAHIRKAN KREATIVITAS BESAR SEORANG DIFABEL (STUDI PADA TARJONO SLAMET, MANAJER YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI CRAFT YOGYAKARTA))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR YANG BERPERAN DALAM MELAHIRKAN KREATIVITAS BESAR SEORANG DIFABEL (STUDI PADA TARJONO SLAMET, MANAJER YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI CRAFT YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III, BAB IV·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

melahirkan kreativitas seorang difabel yang pada akhirnya mampu mendirikan Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang berperan dalam melahirkan kreativitas seorang difabel oleh Tarjono Slamet, pendiri Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft Yogyakarta? Dengan tujuan penelitiannya adalah untuk mengungkap dan memaparkan faktor yang berperan terhadap kreativitas difabel oleh Tarjono Slamet, pendiri Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berupa studi kasus dengan subyek penelitian atau data primer hanya satu orang yakni Tarjono Slamet, sebagai Manajer Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft Yogyakarta, sedangkan obyek penelitiannya adalah faktor-faktor yang berperan dan yang dominan dalam melahirkan kreativitas seorang difabel oleh Tarjono Slamet sebagai Manjer Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft Yogyakarta. Adapun sebagai data sekunder, penulis memilih adik kandung dari Tarjono Slamet yang bernama Tarmuji dan sebagian karyawan-karyawan Mandiri Craft (Anton, Arif, Iskandar, Sumini, Martini, dan Nurwahidi), untuk melengkapi data yang penulis butuhkan terkait subyek dan obyek penelitian. Hasil penelitian ini yang pertama adalah faktor-faktor yang berperan ada delapan macam yaitu faktor keluarga yang mencangkup cara orang tua mendidik anak, keadaan ekonomi keluarga, dan suasana rumah, kemudian faktor kebutuhan fisikologis (sandang, pangan dan papan), faktor idola yang dikagumi (Mr. Colin Mclennan), faktor teman dekat/bergaul, faktor ingin berubah menjadi lebih baik, faktor kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan rasa aman, dan yang terakhir adalah kebutuhan cinta kasih dan kebutuhan sosial. Yang kedua adalah faktor yang paling berperan atau dominan bagi Tarjono Slamet adalah faktor idola yang dikaguminya karena banyak inspirasi yang Pak Slamet dapatkan dari Mr. Colin Mclennan dan faktor untuk menjadi lebih baik yang membuat Pak Slamet berhasil mendirikan Yayasan Penyandang Cacat Mandiri Craft yang sudah diimpikannya. Diantara semua faktor yang berperan berasal dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik Kedua motivasi ini sama-sama memiliki peran yang sama bagi setiap orang. Oleh karena itu kedua motivasi harus seimbang untuk menjadikan seseorang yang kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tarjono Slamet, Difabel, Yayasan Mandiri Craft Yogyakarta
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:35
Last Modified: 11 Apr 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum