PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1)

Oktapriyandi, NIM.: 07220046 (2011) PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI MAN YOGYAKARTA 1))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang diselenggarakan OSIS MAN Yogyakarta 1 yang berpengaruh terhadap perilaku asertif bagi para siswanya, dan apa peran OSIS MAN Yogyakarta 1 dalam membentuk perilaku asertif para siswanya. Subyek dari penelitian ini adalah: (a) pembina OSIS (b) Siswa yang terlibat langsung dalam kepengurusan OSIS MAN Yogyakarta 1, sebagai data pendukung nantinya siswa juga bisa dilibatkan dalam penelitian ini. Obyeknya ialah Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Perilaku Asertif Siswa, metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif. Dalam pengambilan datanya menggunakan tiga metode yaitu Observasi, Dokomentasi, dan Wawancara. Setelah didapat data dari semua itu maka akan dianalisis untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Hasil Penelitian Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Perilaku Asertif Siswa di MAN Yogyakarta 1 memiliki beberapa kegiatan unggulan yang dapat membentuk perilaku asertif siswa yakni: (a) Open Recruitment (b) Public Speaking (c) Pendidikan dan Pelatihan Dasar ( DIKLATSAR). Dari beberapa kegiatan yang diselenggarakan tersebut ada beberapa pengaruh terhadap pembentukan perilaku asertif siswa di MAN Yogyakarta 1 serta peran OSIS tersebut bagi siswa di antaranya adalah: 1) Secara Fungsional (a) membentuk kepemimpinan (b) membentuk komunikasi yang baik (c) membentuk relasi (d) melatih kejujuran. (2) Secara Interaksional Simbolik (a) sebagai wadah (b) sebagai lembaga motivator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegiatan OSIS. Perilaku Asertif Siswa, Kegiatan Siswa
Subjects: Bimbingan Konseling
Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:35
Last Modified: 11 Apr 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum