HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TINGKAT LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (JENIS-JENIS LAYANAN) DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I

Lailatul Khofifah, NIM.: 07220056 (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TINGKAT LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (JENIS-JENIS LAYANAN) DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TINGKAT LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (JENIS-JENIS LAYANAN) DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN TINGKAT LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (JENIS-JENIS LAYANAN) DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling adalah suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor (orang yang ahli/profesional dalam bidang bimbingan dan konseling) kepada siswa/individu yang membutuhkan bantuan dalam mencapai pemahaman diri, pemecahan masalah yang dihadapi serta pengarahan untuk mengambil keputusan. banyak siswa beranggapan bahwa guru BK sebagai polisi sekolah yang mencari-cari kesalahan siswa. Para siswa menafsirkan bahwa yang dipanggil ke ruang BK adalah siswa yang bermasalah dan mendapat hukuman. Hal itu terbukti dengan jarangnya siswa yang berkunjung ke ruang BK. Siswa yang datang ke ruang BK, hanya yang dipanggil saja. Pemaham siswa mengenai bimbingan dan konseling masih minim, sehingga siswa masih beranggapan negatif terhadap bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling di MTs Negeri Yogyakarta I, 2) mengetahui tingkat layanan bimbingan dan konseling (jenis-jenis layanan) di MTs Negeri Yogyakarta I, 3) mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan tingkat layanan bimbingan dan konseling (jenis-jenis layanan) di MTs Negeri Yogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling di MTs Negeri Yogyakarta I tergolong baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,11. Sedangkan untuk tingkat layanan bimbingan dan konseling (jenis-jenis layanan) di MTs Negeri Yogyakarta I dengan nilai rata-rata sebesar 3,12 tergolong baik. Terakhir, ada hubungan antara persepsi siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan tingkat layanan bimbingan dan konseling di MTs Negeri Yogyakarta I dengan nilai korelasi sebesar 0,539 yang menunjukkan korelasi yang kuat, signifikan dan searah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling, Konselor, Permasalahan Siswa
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:35
Last Modified: 11 Apr 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum