PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM USEP KM DINAS SOSIAL PROPINSI DIY DI DESA GADINGSARI SANDEN BANTUL YOGYAKARTA

Sugih Dina Ritanti, NIM.: 07230025 (2011) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM USEP KM DINAS SOSIAL PROPINSI DIY DI DESA GADINGSARI SANDEN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM USEP KM DINAS SOSIAL PROPINSI DIY DI DESA GADINGSARI SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM USEP KM DINAS SOSIAL PROPINSI DIY DI DESA GADINGSARI SANDEN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program USEP KM milik Dinas Sosial Propinsi DIY merupakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang fokus terhadap masyarakat miskin. Dinas Sosial Propinsi DIY adalah suatu Lembaga yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat miskin di wilayah Yogyakarta, khususnya kaum perempuan di Dusun Patihan Desa Gadingsari sanden Bantul. Penelitian ini tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin Melalui Program USEP KM Dinas Sosial Propinsi DIY Di Desa Gadingsari Sanden Bantul Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang wacana keilmun, terutama dalam konsep dan implementasi program USEP KM dalam pemberdayaan ekonomi kaum perempuan Dusun Patihan. Penelitian ini memaparkan tentang konsep dan implementasi program USEP KM dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Dusun Patihan desa Gadingsari,selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak dari Program USEP KM bagi perkembangan perekonomian masyarakat Dusun Patihan setelah menjadi anggota. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun subyek dari penelitian ini adalah pengurus USEP KM “Patihan”, meliputi ketua, sekretaris dan bendahara serta sebagian masyarakat yang menjadi anggota koperasi. Selain pengurus dan anggota USEP KM “Patihan”, Kepala seksi Keluarga Bermasalah Sosial Dinsos Prop. DIY juga menjadi subjek dari penelitian ini. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif, dengan langkah setelah data terkumpul baik yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, data-data tersebut disusun kemudian di analisa dan di jelaskan. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa dalam konsep dan impelementasi program USEP KM “Patihan” tidak hanya mengarah pada pertumbuhan ekonomi saja tetapi pertumbuhan dari segi sosialnya juga diprioritaskan. Hal ini ditandai dengan perkembangan kondisi kehidupan anggota USEP KM “Patihan” ke arah yang lebih baik, terbuka, partisipatoris, dan emansipatoris. Selain itu Dampak positif dari program ini yaitu munculnya kemandirian kaum perempuan anggota USEP KM “Patihan” ditandai dengan kemampuan mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sriharini, S. Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dinas Sosial, USEP KM, Perekonomian Masyarakat
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:24
Last Modified: 08 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum