MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID DI MASJID BAITURRAHMAN KLIDON, SUKOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2011

Barit Fatkur Rosadi, NIM.: 07240003 (2011) MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID DI MASJID BAITURRAHMAN KLIDON, SUKOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID DI MASJID BAITURRAHMAN KLIDON, SUKOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2011)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID DI MASJID BAITURRAHMAN KLIDON, SUKOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 2009-2011)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini banyak umat Islam yang berlomba-lomba untuk membangun masjid yang megah. Akan tetapi seusai pembangunan, umat yang memakmurkan masjid semakin menurun. Masjid seakan-akan hanya bangunan yang megah dan kokoh berdiri digunakan untuk ibadah shalat saja. Sesungguhnya seusai pembangunan, umat semakin tertantang untuk merancang program kegiatan masjid. Bagaimana mengelola masjid dengan baik, mengembalikan peran dan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam. Memperbaiki manajemen masjid, melalui program pemberdayaan ekonomi umat dengan menyesuaikan kondisi umat. Masjid Baiturrahman memiliki program pemberdayaan ekonomi umat yaitu, koperasi Al-Barokah, kelompok lumbung pangan Amrih Makmur, dan kelompok ternak Andini Lestari. Masjid Baiturrahman berusaha untuk mensejahterakan umat melalui masjid. Jama’ah bekerja semata-mata tidak mencari uang, akan tetapi juga ikut serta memakmurkan masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Manajemen Program Pemberdayaan Ekonomi Umat di Masjid Baiturrahman Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mengambil latar di Masjid Baiturrahman Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang telah dikumpulkan kemudian menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Manajemen Program Pemberdayaan Ekonomi Umat di Masjid Baiturrahman. Program pemberdayaan ekonomi umat berbasis masjid yang dilaksanakan Masjid Baiturrahman, yaitu: Pertama, koperasi Al-Barokah bermaksud untuk mempermudah jama’ah dalam menjalankan usaha. Kedua, kelompok Lumbung Pangan Amrih Makmur bermaksud untuk menstabilkan persediaan pangan jama’ah ketika datang musim kemarau atau musim panen. Ketiga, kelompok Ternak Andini Lestari, bermaksud untuk mensejahterakan dan memberdayakan umat. Ketiga kelompok usaha ini sebagai pendekatan masjid terhadap keadaan ekonomi jama’ah. Mengembalikan fungsi dan peran masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam. Dengan berlandaskan teori G.R Terry, (proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian) program pemberdayaan ekonomi umat di Masjid Baiturrahman dapat dilaksanakan lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andy Dermawan, M.Ag. dan Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Jamaah Masjid, Kegiatan Masjid
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:35
Last Modified: 08 Mar 2023 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum