STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN NASABAH PT. BPRS MITRA CAHAYA INDONESIA ( MCI ) SLEMAN YOGYAKARTA

Ahmad Taufiqurrohman, NIM.: 07240016 (2011) STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN NASABAH PT. BPRS MITRA CAHAYA INDONESIA ( MCI ) SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN NASABAH PT. BPRS MITRA CAHAYA INDONESIA ( MCI ) SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN JARINGAN NASABAH PT. BPRS MITRA CAHAYA INDONESIA ( MCI ) SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tenteng Strategi Pengembangan Jaringan Nasabah PT. BPR Syariah Mitra Cahaya Indonesia (MCI). PT. BPR Syariah Sleman Yogyakarta merupakan perbankan Islam yang belum lama beroperasi sehingga perlu strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggunakan teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis strategi pengembangan jariangan nasabah dari kasmir yaitu strategi produk, strategi harga, strategi lokasi dan layout, strategi promosi, customor service, kepuasan nasabah atau pelanggan, analisis pesaing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Pengembangan Jaringan Nasabah yang dilakukan oleh PT. BPR Syariah Mitra Cahaya Indonesia (MCI) Sleman Yogyakarta adalah strategi produk yaitu dengan sistem jemput bola, memberikan banyak jenis produk pembiayaan dan memberikan banyak jenis simpanan. Strategi harta yaitu dengan memberikan nisbah baik pembiayaan maupun simpanan dengan menggunakan sistem bagi hasil. Strategi lokasi dan layout yaitu tempatnya strategis, dekat dengan pasar, jarak antara BPR sejenis sangat jauh, dekat dengan tempat pertanian, suasana ruangan terkesan sangat rapi, hiasan dinding dengan Ayat‐ayat suci Al‐Qur’an, tata letak meja dan kursi yang sangat bagus dan rapi. Strategi promosi yaitu dengan periklanan dan publisitas. Strategi untuk pelayanan pelanggan yaitu sebagai resepsionis, salesman dan komunikator. Stretegi untuk memuaskan nasabah yaitu dengan melayani semua kebutuhan nasabah, baik simpanan atau pembiayaan. Strategi analisis pesaing yaitu dengan melihat kekuatan dan kelemahan pesaing dan melihat peluang dan ancaman PT. BPR Syariah Mitra Cahaya Indonesia( MCI) Sleman Yogyakarta. Strategi yang diterapkan PT. BPR Syariah Mitra Cahaya Indonesia sudah cukup efektif untuk menjalani persaingan dunia perbankan yang ada di Indonesia, karena BPRS tersebut mempunyai banyak pilkihan produk dan mempunyai strategi yang belum tentu dimiliki oleh BPR yang lain, misalnya strategi produk simpanan cahaya wadiah, cahaya mudharobah, cahaya mudharabah sakinah, cahaya mudharabah hari raya, cahaya mudharabah pendidikan, cahaya mudharabah baitullah, cahaya mudharabah iman. Sedangkan produk pembiayaan yaitu mitra mudharabah, mitra musyarokah, mitra ijarah muntahiyyah bittamik, multi ijarah multijasa, mitra qardh. Dan strategi harga menggunakan sistem bagi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ruspita Rani Pertiwi, S. Psi, MM
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Jaringan, Nasabah, perbankan Islam
Subjects: Manajemen
Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:38
Last Modified: 08 Mar 2023 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum