STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER)

Ika Muslimatun, NIM.: 07240022 (2011) STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI MICHAEL PORTER))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Melihat perkembangan sekarang sudah banyak rumah sakit Islam yang berdiri di daerah Yogyakarta. Adanya tingkat persaingan dalam rumah sakit membuat sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan ini untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang dimiliki agar tercipta kenyamanan dan kepuasan terhadap pasien sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, rumah sakit harus memiliki dan mengembangkan strategi dengan jelas dan terarah. Untuk menjadi rumah sakit yang sukses, maka rumah sakit harus selalu mengevaluasi strategi pemasaran yang dimiliki agar sesuai dengan perkembangan pasar atau tepat pada sasaran. RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sudah ada sejak 88 tahun yang lalu pada masa penjajahan Belanda yang awalnya berupa klinik. Selama itu juga RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta terus mengalami perkembangan untuk mempertahankan keberadaannya sebagai rumah sakit Islam pertama di Yogyakarta. Hal itu tidak terlepas dari strategi pemasaran yang diterapkan di RS PKU Muhammadiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan tinjauan teori Michael Porter. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran yang diterapkan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan tinjauan teori Michael Porter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Subyek penelitian manajer, supervisor, karyawan dan pasien. Obyek penelitian ini strategi pemasaran RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta telah menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan tinjauan teori Michael Porter yaitu five forces model yang meliputi persaingan dalam industri, pemasok (supplier), pembeli (buyer), pendatang baru (pesaing) dan produk pengganti (substitusi) dengan menganalisis lingkungan industri kemudian pemilihan strategi dengan tiga strategi generik yang meliputi diferensiasi (differentiation), kepemimpinan biaya menyeluruh (over all cost leadership) dan fokus (focus). Maka ditetapkan strategi pengembangan produk yang mengacu pada salah satu strategi generik yaitu differentiation. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan pelayanan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah yang semakin berkualitas. Adanya produk-produk unggulan untuk menarik customer disertai dengan tenaga medis yang profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Mikhriani, MM dan Maryono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:42
Last Modified: 08 Mar 2023 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum