STRATEGI PEMASARAN DI BMT SUBULUSSALAM BANTUL YOGYAKARTA

Saeful Hamim, NIM.: 07240025 (2011) STRATEGI PEMASARAN DI BMT SUBULUSSALAM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN DI BMT SUBULUSSALAM BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN DI BMT SUBULUSSALAM BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

BMT Subulussalam merupakan lembaga jasa keuangan syari’ah yang terletak di jalan Ateka No. 1 Wojo Baru Bangun Harjo Sewon Bantul. Dengan berdirinya BMT Subulussalam diharapkan mampu meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya usaha-usaha baru di lingkungan sekitar BMT Subulussalam. Setelah dua tahun berdiri BMT Subulussalam mempunyai 300 anggota yang terdiri dari pedagang pasar Ngoto, pasar Kepek dan masyarakat sekitar. Produk-produk yang ditawarkan di BMT Subulussalam sama dengan lembaga keuangan syari’ah lainnya yang menjadi pembeda yaitu adanya sistem pengelompokan dalam melakukan pembiayaan. Keunggulan yang dimilki oleh BMT Subulussalam yaitu di dukung dengan fasilitas pelayanan pengiriman dan penerimaan fax, pembayaran listrik online, pengiriman dan penerimaan uang yang bekerjasama dengan Telkom.Dengan adanya fasilitas pelayanan tersebut diharapkan mampu mengenalkan BMT ke masyarakat luas. Untuk itu diperlukan strategi pemasran untuk memperbanyak anggota yang sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, tujuannya mendeskripsikan manajemen marketing yang diterapkan oleh BMT Subulussalam. Sementara subjek dari penelitian ini adalah BMT Subulussalam, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Strategi Pemasaran di BMT Subulussalam Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan strategi pemasaran di BMT Subulussalam terdiri dari beberapa metode. Diantaranya strategi bauran pemasaran, strategi pemilihan media, dan segmentasi pasar. Pelakanaan strategi di atas ternyata sesuai dengan keinginan dan harapan BMT Subulusalam dan masyarakat menjadi lebih tahu dengan keberadaan dan produk-produk yang ditawarkan oleh BMT Subulussalam Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rosyid Ridlo, M.Si dan Siti Julaiha, S. Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Promosi, Media Pemasaran, Strategi Pemasaran, BMT (Baitul Mal Wat Tamwi)
Subjects: Ekonomi Syariah
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:46
Last Modified: 08 Mar 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum