PERAN PODOK PESANTREN DARUSSALAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI ( STUDI KASUS DI PONPES DARUSSALAM JOGOKERTEN TRIMULYO SLEMAN )

M. Abdul Khalim Asidiq, NIM.: 07230010 (2011) PERAN PODOK PESANTREN DARUSSALAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI ( STUDI KASUS DI PONPES DARUSSALAM JOGOKERTEN TRIMULYO SLEMAN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PODOK PESANTREN DARUSSALAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI ( STUDI KASUS DI PONPES DARUSSALAM JOGOKERTEN TRIMULYO SLEMAN ))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN PODOK PESANTREN DARUSSALAM DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI SANTRI ( STUDI KASUS DI PONPES DARUSSALAM JOGOKERTEN TRIMULYO SLEMAN ))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dunia pondok pesantren tidak lepas dengan pengajaran kitab-kitab kuning maupun Al Qur’an. Akan tetapi, setelah keluar dari pesantren nasib mereka masih diragukan. Untuk itu pondok pesantren Darussalam mengambil inisiatif untuk memberdayakannya melalui pemberdayaan ekonomi santri. Dari sisi lain, selain mereka mendapatkan ilmu agama, juga mendapatkan skill, kemandirian dan semua itu bisa untuk bekal setelah keluar dari pondok pesantren Darussalam. Dari permasalahan diatas penulis mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masaalah yaitu bagaimana peran pondok pesantren Darussalam dalam pemberdayaan ekonomi santri melalui pengolahan roti dan telur asin dan bagaimana respon para santri yang ikut terlibat terlibat didalamnya? Penelitian ini menggunakan metode Deskriptis Kualitatif, adapun tujuan penelitian. Pertama, ingin mengetahui peran pondok pesantren Darussalam dalam pemberdayaan ekonomi santri. Kedua, ingin mengetahui respon para santri yang ikut terlibat didalamnya. Dari analisis yang telah dilakukan bahwasanya, peran pondok pesantren dalam pemberdayaan tersebut sebagai fasilitator dimana pondok pesantren Darussalam memfasilitasi semua kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan ekonomi santri melalui pengolahan roti dan telur asin. Semua permodalan dibantu oleh pihak Departemen Pertanian melalui LM3 ( Lembaga mengakar Pada Masyarakat ). Lembaga Mandiri Yang Mengakar di Masyarakat (LM3) adalah lembaga yang tumbuh dan berkembang secara mandiri di masyarakat dengan kegiatan utama meningkatkan gerakan moral melalui kegiatan pendidikan, sosial dan keagamaan, serta peningkatan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti: pondok pesantren, seminari, paroki, gereja, pasraman, vihara dan subak. Sedangkan respon para santri dibagi menjadi dua. Pertama, respon konfirmasi: para santri sangat senang karena bisa mendapatkan skill, ilmu wirausaha utuk bekal setelah keluar dari pesantren. Kedua, respon diskonfirmasi: tersitanya waktu untuk mengulang pelajaran kitab kuning maupun AL Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fajrul Munawir, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:09
Last Modified: 08 Mar 2023 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum