OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Yuyun Amiroh, NIM.: 04451062 (2011) OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH BERBASIS PONDOK PESANTREN DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi fungsi laboratorium dalam pembelajaran biologi serta hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dan siswa di Madrasah Aliyah berbasis pondok pesantren di Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dan siswa dapat mengoptimalkan fungsi laboratorium dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi Madrasah Aliyah di Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah MA An Nur, MA Ali Maksum, dan MA Ibnul Qoyyim. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini dinyatakan belum optimal dan masih banyak kendala-kendala yang perlu diperhatikan oleh semua pihak Madrasah tersebut. Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah alat dan bahan praktikum di laboratorium belum memadai, pengelolaan laboratorium kurang terorganisir, tidak ada jadwal tetap dalam penggunaan laboratorium. Hambatan bagi siswa adalah tidak imbangnya jumlah alat dan bahan praktikum dengan jumlah siswa sehingga siswa harus melakukan praktikum secara bergantian. Hambatan lain yang dialami oleh siswa adalah adanya jam pelajaran biologi yang tidak strategis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, Laboratorium Pembelajaran, Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:35
Last Modified: 08 Mar 2023 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum