PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih)

Alpan, NIM.: 06470005 (2010) PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih))
06470005 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih))
06470005 BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara lebih dalam tentang Pendidikan dan Perubahan Sosial (Telaah Konseptual Pemikiran Pendidikan Mansour Fakih). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau kontribusi bagi para pendidik atau siapa saja yang menggeluti dunia pendidikan, baik dilingkungan pendidikan formal, non formal maupun informal, dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih produktif, kondusif, dan progresif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latar seorang tokoh Mansour Fakih. Metode yang ditempuh adalah metode deskriptif dengan pola pembahasan deskriptif-analitik. Adapun pendekatan historis faktual karena berkaitan dengan hasil pemikiran tokoh, hasil sumber data yang telah diperoleh baik dari sumber data primer maupun sekunder. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yakni mengembangkan kekuatan atau kemampuan (daya), potensi sumber daya rakyat agar mampu membela dirinya sendiri dari penindasan dan diskriminasi serta ketidakadilan. Pendidikan pembebasan berintikan konsientasi atau penyadaran manusia untuk mencapai kesadaran kritis sebagai titik kulminasinya. Dengan lahirnya kesadaran kritis diharapkan mampu menjadi pembebas dari berbagai bentuk ketidakadilan, penindasan, diskriminasi, maupun dehumanisasi. Pendidikan berbasis pembebasan inilah yang disebut Mansour sebagai pendidikan kritis. Dalam konsep pendidikan humanis Mansour memberikan pandangan tentang manusia yakni khayawan natiq atau binatang yang berfikir , atau makhluk yang mempunyai budaya. Dengan mempunyai akal fikiran inilah manusia mepunyai kesadaran kritis dalam mengarungi kehidupan didunia ini. Mansour mengklasifikasi manusia itu menjadi dua yakni, manusia normal dan manusia penyandang cacat. Dalam hal ini Mansour mempunyai pandangan tentang manusia penyandang cacat belum tentu tidak mampu dalam melakukan sesuatu tetapi bisa saja mereka memiliki kemampuan berfikir, berkomunikasi, menciptakan, dan lain sebagainya. (2) Relasi pendidikan dan perubahan sosial dalam perspektif Mansour yakni, pendidikan dimanapun berdirinya tidak terlepas dari arah perubahan sosial dan perkembangan ekonomi politik. Pendidikan menyiapkan individuindividu dan masyarakat agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Dalam hubungan pendidikan dan perubahan sosial menurut Mansour perlu adanya ideologi apa yang dibangun dalam sebuah sistem pendidikan itu, apakah itu pendidikan formal, non formal maupun informal, sebagai contoh, seorang pendidik memberikan ilmu pengetahuan ada kalanya penuh berkeadilan dan demokrasi tapi adakalanya otoriter dan adanya pemaksaan pada sebuah ideologi tertentu, sehingga tidak memberikan ruang untuk berkreasi bagi peserta didik untuk lebih berpikir kritis dalam menyelesaikan persoalan serta memecahkan persoalan yang dihadapinya sendiri maupun persoalan yang terjadi ditengah masyarakat. Disini Mansour menekan ideologi apa yang perlu diterapkan dalam proses pendidikan apakah ideologi koservatif, liberal atau kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Agus Nuryatno, MA, Ph.D
Uncontrolled Keywords: humanisasi; kesadaran kritis; pendidikan
Subjects: Islam dan Pemikiran
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Mar 2023 11:09
Last Modified: 08 Mar 2023 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum