USAHA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI MTS MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA

Aris Andoyo, NIM.: 06470056 (2010) USAHA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI MTS MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USAHA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI MTS MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
06470056 -BAB I dan BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (USAHA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIA DI MTS MUHAMMADIYAH WATES KULONPROGO YOGYAKARTA)
06470056 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang bahwa untuk kemajuan pendidikan selain suatu pembelajaran yang baik diperlukan motivasi agar peserta didik dapat berkembang secara maksimal. Maka dalam melaksanakan pembelajaran diperlukan adanya motivasi. Dalam memberikan motivasi diperlukan suatu cara yang tepat agar tujuan dari pendidikan dapat terealisasi. Pendidikan akan terlaksana dengan baik apabila peserta didik mempunyai semangat belajar yang tinggi. Selain itu peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda di MTs Muhammadiyah Wates memerlukan cara belajar yang berbeda pula.kemudian letak MTs Muhammadiyah Wates di pusat kota sehingga secara tidak langsung pengaruh lingkungan mempunyai peranan dalam perkembangan peserta didik karena segala macam akses informasi dapat mereka peroleh dengan mudah.Dari faktor orang tua mereka rata-rata berangkat dari keluarga yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah sehingga kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan kurang. Untuk itu, diperlukan usaha yang maksimal oleh pihak sekolah untuk memotivasi belajar peserta didik demi kemajuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan ataupun usaha-usaha apa yang dilakukan khususnya guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar peserta didik di MTs Muhammadiyah Wates. Selain dari usaha-usaha yang dilakukan penulis ingin mengetahui hambatanhambatan maupun faktor pendukung guru bimbingan konseling dalam memberikan motivasi dan juga semagat belajar dan juga hasil dari motivasi yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MTs Muhammadiyah Wates Kulonprogo Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis kualitatif yang bersifat diskriptif kemudian cara berfikir penulis gunakan adalah metode induktif. Hasil penelitian terhadap usaha guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar adalah: (1) Dengan melakukan pembinaan di kelas yang telah terprogram ; (2) guru bimbingan konseling membantu peserta didik apabila mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tertentu; (3) Guru bimbingan konseling memberikan motivasi secara terus menerus untuk selalu belajar. Sedangkan hambatan yang dialami guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar peserta didik adalah: (1) dari peserta didik adalah kurangnya keterbukaan peserta didik dalam menghadapi masalah; (2) kurang kerja sama antara pihak madarasah dengan orang tua peserta didik; (3) kurangnya sarana dan pra sarana khususnya ruang bimbingan konseling secara mandiri. Hasil usaha bimbingan konseling dalam memotivasi belajar cukup berhasil namun masih perlu peningkatan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: guru; karyawan; peserta didik; bimbingan konseling
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Motivasi
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Mar 2023 15:20
Last Modified: 08 Mar 2023 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum