TUJUAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN TINGKAT KEBERHASILANNYA BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA ARAB SAUDI DI PT MUHASATAMA PERDANA BEKASI

Hamdani, NIM.: 03420247 (2010) TUJUAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN TINGKAT KEBERHASILANNYA BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA ARAB SAUDI DI PT MUHASATAMA PERDANA BEKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TUJUAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN TINGKAT KEBERHASILANNYA BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA ARAB SAUDI DI PT MUHASATAMA PERDANA BEKASI)
03420247 BAB I dan BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TUJUAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN TINGKAT KEBERHASILANNYA BAGI CALON TENAGA KERJA INDONESIA ARAB SAUDI DI PT MUHASATAMA PERDANA BEKASI)
03420247 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, kondisi perekonomian Indonesia sangat memprihatinkan. Kondisi tersebut juga diikuti dengan jumlah penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk sehingga menyebabkan kurangnya lapangan pekerjaan pada semua sektor usaha baik mikro maupun makro. Hal itu dipicu oleh rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia. Padahal, pekerjaan-pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhan hidup adalah pekerjaan yang memerlukan pendidikan dan keterampilan yang tinggi. Berpijak dari fenomena di atas, menumbuhkan memotivasi sebagian penduduk Indonesia untuk mengubah perekonomian keluarga dengan cara mengadu nasib menjadi TKI. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang telah bekerja di Arab Saudi tidak semuanya berhasil memperoleh kesuksesan. Pendapat tersebut didukung oleh realitas yang terjadi dengan banyaknya kasus kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Timur Tengah terjadi karena berbagai faktor. Salah satu faktor penyebab terjadinya kekerasan tersebut adalah kurangnya pemahaman bahasa Arab para Tenaga Kerja Indonesia sebagai alat komunikasi utama. Berangkat dari kondisi di atas, perlu dipertanyakan peran setiap Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) dalam membekali calon tenaga kerja dengan kompetensi yang disesuaikan dengan standar kompetensi ketenagakerjaan yang telah berlaku di Arab Saudi. Dalam skripsi ini, penulis meneliti Metode Pembelajaran Bahasa Arab dan Tingkat Keberhasilannya Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia Arab Saudi di PT Muhasatama Perdana Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi calon tenaga kerja Indonesia Arab Saudi di PT Muhasatama Perdana, dan seberapa besar tingkat keberhasilan pembelajaran bahasa Arab bagi calon tenaga kerja Indonesia Arab Saudi di PT Muhasatama Perdana. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Bersifat deskriptif karena penelitian ini bertujuan menggambarkan secara objektif dalam rangka mengadakan perbaikan terhadap fenomena yang dihadapi. Selain memahami fenomena, penelitian deskriptif juga bertujuan memberikan informasi. Bersifat Kuantitatif karena penelitian ini berawal dari suatu konsep yang dicari pemecahannya berdasarkan data empirik. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa metode pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab di PT Muhasatama Perdana menggunakan metode campuran, ceramah, membaca, menghafal, metode tanya jawab, dan metode penugasan. Dilihat dari standar kompetensi dan standar tujuan pembelajaran maka tingkat keberhasilan penguasaan kosakata calon TKI di Muhasatama Perdana sangat tinggi dengan nilai rata-rata 80,5 dan penguasaan prakteknya dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 70. Dengan demikian tingkat keberhasilan calon tenaga kerja di Muhasatama Perdana adalah tinggi dengan nilai rata-rata 75,25.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: tenaga kerja; pembelajaran; tutor; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:58
Last Modified: 09 Mar 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum