PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HARGA JUAL NATURAL CRYSTAL-X DARI DISTRIBUTOR KE KONSUMEN (STUDI KASUS DI YOGYAKARTA)

Januariansyah Arfaizar, NIM.: 05380005 (2010) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HARGA JUAL NATURAL CRYSTAL-X DARI DISTRIBUTOR KE KONSUMEN (STUDI KASUS DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HARGA JUAL NATURAL CRYSTAL-X DARI DISTRIBUTOR KE KONSUMEN (STUDI KASUS DI YOGYAKARTA))
05380005 BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP HARGA JUAL NATURAL CRYSTAL-X DARI DISTRIBUTOR KE KONSUMEN (STUDI KASUS DI YOGYAKARTA))
05380005 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan proses penukaran barang dengan barang lain tanpa ada unsure pemaksaan dalam prosesnya. Jual beli mempunyai dasar hukum yang jelas sehingga memiliki kekuatan hukum di dalamnya. Proses jual beli akan dinyatakan sah jika memenuhi syarat dan rukun jual beli, akan tetapi dalam pelaksanaan jual beli rentan terhadap kecurangan. Hal ini dikarenakan pengambilan keuntungan sebanyak-banyaknya dan kompetisi sesama penjual. Sehingga dalam penetapan harga para pelaku pasar sering kali melupakan etika bisnis. Praktek jual beli dalam penjualan Natural Crystal-X melalui beberapa tahap, yaitu dari produsen ke perusahaan, distributor, dan konsumen. Dalam proses jual beli Natural Crystal-X sudah ada alur yang jelas yaitu harga yang ditetapkan oleh perusahaan ke distributor sebesar Rp. 100.000,00 dan dari distributor ke konsumen sebesar Rp. 200.000,00. Akan tetapi dalam pelaksanaanya pihak distributor menaikan harga dari Rp. 273.000,00 hingga Rp. 1.000.000,00. Pokok masalah dari pembahasan skripsi ini adalah: bagaimana mekanisme penetapan harga dalam praktek jual beli dari distributor ke konsumen dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap penetapan harga tersebut. Subyek penelitian adalah distributor dan konsumen Natural Crystal-X yang berada di Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun sifat penelitian yaitu deskriptif analitik yakni menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi sesuai dengan fakta lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan mengenai penetapan harga jual beli Natural Crystal-X dari distributor ke konsumen, dapat ditarik kesimpulan bahwa Natural Crystal- X dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan harapan wanita dan harganya yang terjangkau dari pada perawatan medis. Manfaatnya antara lain mencegah kanker servik dan mengembalikan kehangatan malam pertama bagi pasangan suami istri. Besarnya manfaat dari Natural Crystal-X ini menimbulkan adanya mekanisme penetapan harga yang dilakukan oleh distributor tidak sesuai dengan hukum Islam. Sebab, pihak distributor tidak mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan terkait dengan penetapan harga dari distributor ke konsumen. Selain itu, adanya ketidakjujuran dan ketidakadilan dalam penetapan harga oleh distributor ke konsumen, meskipun dalam praktek jual belinya telah memenuhi syarat dan rukun jual beli dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ocktoberrinsyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: jual beli; keadilan harga; penawaran harga; Natural Crystal -X
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Mar 2023 14:53
Last Modified: 09 Mar 2023 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum