NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB SISWA MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Farhan Nasuhi, NIM.: 05410188 (2010) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB SISWA MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB SISWA MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
_05410188 BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB SISWA MTsN WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
05410188 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam sebuah lembaga pendidikan Agama, terlebih berada di pedesaan dan di sekitar pondok pesantren, idealnya pelaksanaan tata tertib berjalan dengan baik dengan kepatuhan dan kedisiplinan siswa yang baik serta sedikit terjadi pelanggaran atau bahkan tidak ada. Karena mengingat kondisi lingkungan yang sangat mendukung. Akan tetapi di MTs Negeri Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta terdapat berbagai pelanggaran siswa terkait dengan tata tertib siswa yang diterapkan oleh madrasah. Yang menjadi permasalahan disini adalah bagaimanakah pelaksanaan tata tertib di MTs Negeri Wonokromo dan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam apa sajakah yang terkandung dalam poin tata tertib siswa MTs Negeri Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), di mana penulis menjadikan pelaksanaan Tata Tertib Siswa MTs Negeri Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta sebagai obyek formal penelitian. Kajiannya mulai dari penyusunan, isi materi tata tertib, cara sosialisasi dan pandangan siswa terhadap tata tertib itu sendiri. Kemudian juga penulis mengurai nilai-nilai PAI yang terkandung di dalamnya. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode induktif, di mana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, serta menarik kesimpulan. Oleh karena itu pula, maka lebih tepat jika dianalisa menurut dan sesuai dengan isinya, atau menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tata Tertib Siswa MTs Negeri Wonokromo telah disusun, disosialisasikan serta diterapkan dengan baik dengan upaya pendekatan kekeluargaan. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam yang terkandung dalam poin-poin tata Tertis Siswa MTs N Wonokromo Pleret bntul Yogyakarta, antara lain : a. Nilai Istiqomah, dikembangkan pembiasaan kultur Islami di lingkungan madrasah. b. Nilai Kesederhanaan, dengan mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan atau kemewahan. c. Nilai Keindahan, dengan menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga penampilan personal siswa. d. Nilai Tanggung Jawab dan Rasa Memiliki, dengan menekankan penjagaan nama baik madrasah. Dan mengembangkan mutu serta identitas utama madrasah di mata masyarakat dengan peran tanggung jawab siswa dan rasa memiliki yang tinggi dengan bangga mengenakan seragam yang telah ditentukan. e. Nilai Akhlak, yaitu dengan menekankan aturan yang bersandarkan hukumhukum Islam secara kuat dan mendasar dengan mempertimbangkan keadaan lingkungan sebagai tonggak ukur. dan terakhir, f. Nilai Kedisiplinan, yaitu siswa dibiasakan dengan keteraturan jadwal dan mekanisme penanganan masalah yang baik melalui problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: guru; nilai akhlaq; amaliyah; tata tertib siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:51
Last Modified: 10 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum