UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Studi Kasus di TPA PLUS An-Nuur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Elis Sani Siariyah, NIM.: 06470002 (2010) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Studi Kasus di TPA PLUS An-Nuur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIALEMOSIONAL ANAK DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Studi Kasus di TPA PLUS An-Nuur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010))
06470002 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIALEMOSIONAL ANAK DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIMES (Studi Kasus di TPA PLUS An-Nuur Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010))
06470002 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sosial-Emosional anak sangatlah penting untuk dikembangkan melihat makin kompleksnya permasalahan kehidupan disekitar anak, termasuk di dalamnya perkembangan IPTEK yang banyak memberikan tekanan pada anak serta rentang usia penting pada anak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan metode BCCT dalam pembelajaran PAI 2) upaya guru dalam melaksanakan dan mengembangkan sosial-emosional anak dengan pendekatan BCCT, 3) hasil dari penerapan pendekatan BCCT bagi perkembangan sosial-emosional anak usia dini, 4) faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan BCCT. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar TPA PLUS An-Nuur. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan dengan pendekatan psikologis. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan dalam BCCT dimulai dari penyusunan program, persiapan guru, persiapan anak didik, penyiapan sarana dan prasarana, dan evaluasi. (2) Upaya guru PAUD An-Nuur dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia (4-6 tahun) dilaksanakan melalui usaha-usaha secara sistematis.Dalam periode persiapan, guru melakukan koordinasi dengan seluruh elemen sekolah, mendialogkan dengan orangtua/wali anak didik, dan membentuk tim guru sentra. Dalam penerapannya, guru PAUD An-Nuur secara khusus membentuk lima sentra, yaitu sentra iman dan takwa, sentra persiapan, sentra main peran, sentra balok, dan sentra bahan alam. (3) Pengembangan sosial-emosional anak usia (4-6 tahun) dengan pendekatan BCCT dilakukan dengan baik oleh para guru, sehingga anak mengalami perkembangan sosial-emosional yang baik meski dengan corak individual yang masih sangat tampak. (4) Keberhasilan upaya guru PAUD An-Nuur dalam mengembangkan sosial-emosional anak usia (4-6 tahun) dengan pendekatan BCCT didukung oleh kualifikasi guru PAUD An-Nuur yang mumpuni dan komunikasi yang berjalan dengan baik antara guru dengan orang tua yang dituangkan dalam buku penghubung. Faktor penghambat pengembangan sosial-emosional anak usia dini dengan pendekatan BCCT muncul dari perilaku overprotective orang tua terhadap anak, lingkungan yang kurang baik di rumah, dan pengawasan yang kurang ketat dari orang tua terhadap anak dalam menggunakan produk tekhnologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran anak; guru; sosial-emosional; anak usia dini;
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:59
Last Modified: 10 Mar 2023 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum