PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA-SISWI KELAS III DI MADRASAH DINIYAH WALISONGO TAMPIR MUSUK BOYOLALI

Latifah Nur Hesti Al Haris, NIM.: 05410049 (2010) PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA-SISWI KELAS III DI MADRASAH DINIYAH WALISONGO TAMPIR MUSUK BOYOLALI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA-SISWI KELAS III DI MADRASAH DINIYAH WALISONGO TAMPIR MUSUK BOYOLALI)
05410049 - BAB I DAN BAB BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDIDIKAN AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA-SISWI KELAS III DI MADRASAH DINIYAH WALISONGO TAMPIR MUSUK BOYOLALI)
05410049 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa akhlak siswa-siswi di Madrasah Diniyah Walisongo Tampir Musuk Boyolali berbeda satu dengan yang lainnya, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor yang berasal dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Di madrasah tersebut telah diajarkan mengenai akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah, namun hal itu tidak dapat menjamin perbaikan akhlak siswa-siswi di sana, sehingga masih memerlukan perbaikan lebih lanjut lagi. Faktor dari dalam diri merupakan faktor yang yang terbaik dalam memperbaiki diri seseorang yaitu berupa kemauan yang kuat, namun hal tersebut bukanlah satu-satunya faktor dalam menentukan akhlak seseorang. Faktor dari luar baik faktor keluarga maupun faktor lingkungan juga dapat mempengaruhinya. Oleh sebab itu banyak dari orang tua di daerah Tampir berusaha memberikan lingkungan pergaulan yang baik untuk putra-putri mereka, yaitu dengan mensekolahkan mereka di Madrasah Diniyah Walisongo, dimana di sana diajarkan mengenai materi akhlak yang diharapkan dapat meenjadikan akhlak putra-putri mereka menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh materi akhlak yang disampaikan di Madrasah Diniyah Walisongo terhadap akhlak siswa-siswi disana dan dengan pola yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana populasinya dalah siswa-siswi kelas III di Madrasah Diniyah Walisongo Tampir Musuk Boyolali tahun ajran 2010-2011 semester pertama yang terdiri dari 9 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metide angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas setelah dikonsultasikan dengan nilai r table pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa angket yang diberikan kurang valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,611 dan menurut Suharsini Arikunto nilai tersebut termasuk mempunyai reliabilitas yang tinggi. Analisis data meliputi analisis data statistic dan data non statistic untuk memberikan uraian lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Tingkat pendidikan berada pada taraf rata-rata. Akhlak siswa-siswi terutama ketika berada di lingkungan madrasah diniyah menunjukan kategori yang rata-rata pula. 2). Tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara pendidikan akhlak dengan akhlak siswa-siswi kelas III di Madrasah Diniyah Walisongo. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya evaluasi dan perbaikan pola pendidikan yang selama ini diterapkan di madrasah diniyah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: kurikulum; santri; akhlak; pola pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 10:49
Last Modified: 10 Mar 2023 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum