PENERAPAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII C MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

Arie Budi Maryanti, NIM.: 06410018 (2010) PENERAPAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII C MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII C MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
06410018 -BAB I dan BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII C MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
06410018 -BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi yaitu menggunakan metode ceramah. Hal tersebut berpengaruh pada siswa yang merasa bosan, ngantuk, bahkan tidak adanya ketertarikan terhadap materi pembelajaran. Teknik Make A Match ini diterapkan untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Teknik ini merupakan variasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan teknik Make A Match untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C MTsN Karangmojo Gunungkidul; (2) mengetahui hambatan dalam penerapan teknik Make A Match untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C MTsN Karangmojo Gunungkidul; (3) dan mengetahui cara mengatasi hambatan dalam penerapan teknik Make A Match untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C MTsN Karangmojo Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C dan guru Akidah Akhlak MTsN Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan teknik Make A Match untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C MTsN Karangmojo dilaksanakan selama dua siklus. Proses penerapan teknik Make A Match tertuang dalam tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi: belajar secara berpasangan, presentasi hasil diskusi, serta pemberian penghargaan. Setelah diterapkan teknik Make A Match, minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan angket siswa menunjukkan bahwa minat siswa telah mencapai 73,58% pada siklus I, pada siklus II mencapai 77,58%, terjadi peningkatan sebesar 4%. Sedangkan keaktifan siswa dari hasil penghitungan lembar observasi menunjukkan bahwa keaktifan siswa telah mencapai mencapai 61,25% pada siklus I, pada siklus II mencapai 71,25%, terjadi peningkatan sebesar 10%; (2) Hambatan yang terjadi meliputi ketidakseriusan siswa putra dalam bersikap dan berpakaian, adanya perbedaan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan sumber referensi materi masih terbatas; (3) Cara mengatasi hambatan yaitu: mengkondisikan siswa sebelum dimulai pembelajaran, siswa yang tidak bisa membaca ayat Al-Qur’an dibantu dengan siswa yang sudah lancar membaca, dan membuatkan hand-out materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: akidah akhlak; pembelajaran; teknik Make A Match
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 13:37
Last Modified: 10 Mar 2023 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum