UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA ANAK DI TPA MASJID NURUL JADID TROSARI, SALAM, PATUK, GUNUNGKIDUL

Andri Hijeriyanto, NIM.: 03410075 (2010) UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA ANAK DI TPA MASJID NURUL JADID TROSARI, SALAM, PATUK, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA ANAK DI TPA MASJID NURUL JADID TROSARI, SALAM, PATUK, GUNUNGKIDUL)
03410075 - BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA ANAK DI TPA MASJID NURUL JADID TROSARI, SALAM, PATUK, GUNUNGKIDUL)
03410075 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa idealnya sifat jujur dimiliki dan dijiwai setiap muslim, sehingga diperlukan keseriusan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada setiap muslim. Adanya perilaku ketidakjujuran hendaknya bisa dijadikan sinyal bahwa pembiasaan berperilaku jujur bisa dimulai dengan pembiasaan dimasa anak-anak. TPA Masjid Nurul Jadid Trosari, Salam, Patuk Gunungkidul dalam hal ini berupaya menanamkan nilai kejujuran sejak dini kepada anak didik sebagai bentuk partisipasinya dalam mempersiapkan genersi Islam yang berakhlaqul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak di TPA Masjid Nurul Jadid Trosari Salam, Patuk, Gunungkidul, metode yang diguanakan untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran di TPA Masjid Nurul Jadid Trosari, Salam, Patuk, Gunungkidul dan faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai kejujuran pada anak di TPA Masjid Nurul Jadid Trosari, Salam, Patuk, Gunungkidul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode dan strategi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di TPA Masjid Nurul Jadid Trosari, Salam, Patuk, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis induktif, yaitu seleksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penanaman nilai-nilai kejujuran pada anak dilakukan dengan pemberian pengertian dan pemahaman tentang keutamaan dan kebaikan sifat jujur melalui kegiatan ceramah, bercerita dan menyanyi dan diperkuat dengan keteladanan para pengajar serta membiasakan dan menasehati santri agar senantiasa bersikap jujur, (2) metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada santri adalah dengan metode ceramah, bercerita dan menyanyi yang diperkuat dengan metode keteladanan, pembiasaan dan nasehat, (3) faktor pendukung penanaman nilai kejujuran pada anak adalah keteladan para ustadz/ustadzah, lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta dukungan masyarakat dan orang tua santri terhadap kegiatan TPA, sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya waktu ustad/ustadzah di TPA, tidak semua ustadz/ustadzah menguasai ilmu mendidik yang baik dan terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: santri; ustadzah; pendidik; metode pembelajran; kejujuran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 13:50
Last Modified: 10 Mar 2023 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum