STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VII B DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA

Ahmad Qusyairi, NIM.: 05410090 (2010) STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VII B DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VII B DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CARD SORT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA SISWA KELAS VII B DI MTs NEGERI GONDOWULUNG BANTUL YOGYAKARTA)
05410090 BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga tidak menunjukan prestasi yang diharapkan, karena belum terciptanya suasana pembelajaran aktif dan menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran SKI. Oleh karena itu perlu adanya penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe card sort, dengan harapan proses, minat dan prestasi belajar SKI meningkat. Yang jadi permaslahan permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran SKI dengan strategi cooperative tipe card sort, bagaimana strategi cooperative tipe card sort dapat meningkatkan proses pembelajaran, dan seberapa tinggi minat dan prestasi siswa yang dicapai. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran SKI dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran dan menumbuhkan tingkat minat dan prestasi belajar siswa melalui penerapan strategi cooperative tipe card sort di kelas VII MTs Negeri Gondowulung Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang merupakan penelitian kolaborasi dengan antara guru mata pelajaran dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Gondowulung Bantul pada siswa kelas VII B dengan jumlah siswa 34 siswa/i. Penelitian terdiri dari 3 siklus. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil soal pre test dan post test. Data keaktifan dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran diperoleh melalui observasi saat proses pembelajaran berlangsung. Data minat minat siswa diperoleh dari hasil angket. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, test (pre test dan post test), angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses Pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran cooperative tipe card sort dapat terlaksana dalam tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 dan 28 April 2010 dengan pokok bahasan meliputi sejarah berdirinya Daulah Umayyah dan Biografi para khalifah Umayyah yang terkenal dan perkembangan kebudayaannya. Sikus II dilaksanakan pada tanggal 19 dan 26 Mei 2010 dengan pokok bahasan meliputi perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umayyah dan kemajuan peradaban Islam pada masa Bani Umayyah. Sedangkan siklus III dilaksanakan hanya satu kali pertemuan, yaitu pada tanggal 2 Juni 2010 dengan pokok bahasan tentang ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umayyah. (2) Penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe card sort dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran SKI. Aktifitas siswa pada siklus I adalah 53,9%, siklus II 72,03%, dan siklus III sebesar 82,81%. Sehingga dapat diketahui rata-rata peningkatan persentase aktifitas siswa dari siklus I sampai siklus III sebesar 28,91%. (3) Hasil yang dicapai dari penerapan strategi cooperative tipe card sort yaitu dengan meningkatnya minat dan prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata pre test siklus I adalah 60,29% dan siklus II sebesar 70%. Nilai rata-rata post test siklus I adalah 68,52%, siklus II sebesar 77,94%, dan nilai rata-rata pada siklus III sebesar 87,35%. Jadi persentase kenaikan hasil belajar siswa dari pre-test awal sampai akhir siklus III adalah sebesar 27,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: karyawan; siswa; pembelajaran cooperative
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 14:08
Last Modified: 10 Mar 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum