PELAKSANAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL DAN DAMPAKNYA DI MTsN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Muhammad Abdur Rozaq, NIM.: 06410100 (2010) PELAKSANAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL DAN DAMPAKNYA DI MTsN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL DAN DAMPAKNYA DI MTsN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
06410100 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL DAN DAMPAKNYA DI MTsN YOGYAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
06410100 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya kebijakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun pada realitanya adanya kebijakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) belum bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN Yogyakarta I secara signifikan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan ujian akhir madrasah berstandar nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apa latar belakang dan tujuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). 2) Bagaimana sosialisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) pada MTs oleh Mapenda. 3) Bagaimana persiapan MTsN Yogyakarta I dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). 4) Bagaimana dampak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di MTsN Yogyakarta I. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, subyek penelitian ini adalah Bidang Mapenda Kanwil Kementerian Agama Propinsi DIY, Kasi Mapenda Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, KEpala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru PAI, dan siswa. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisi data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Latar belakang Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) adalah adanya keinginan untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah. Sedangkan tujuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional adalah mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan. 2) Sosialisasi yang dilakukan oleh Mapenda adalah mensosialisasikan kepada madrasah-madrasah, mengkoordinasikan dengan Kepala Kantor KEmenterian Agama di Kabupaten atau kota, melakukan pembiayaan melalui DIPA, dan melakukan pembinaan kepada guru pengampu mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab. 3) Persiapan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional di MTsN Yogyakarta I yang dilakukan oleh kepala madrasah adalah dengan membuat pelatihan Achievment Motovation Training (AMT) dan membuat bank soal. 4) Dampak kebijakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional bagi madrasah adalah guru semakin termotivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. Adapun dampak negatifnya bagi madrasah adalah mata pelajaran yang tidak diujikan secara nasional akan diremehkan oleh siswa. Dampak positif bagi guru adalah lebih termotivasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, sedangkan negatifnya adalah guru merasa terbebani. Dampak positif bagi siswa adalah mampu memotivasi belajar siswa, sedangkan dampak negatifnya siswa merasa terbebani dengan adanya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peserta didik; ujian nasional; pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 15:18
Last Modified: 10 Mar 2023 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum