FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN PRESTASI GURU (MTs Negeri Wates Kulonprogo Yogyakarta)

Zaenul Ngator, NIM.: 06470019 (2010) FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN PRESTASI GURU (MTs Negeri Wates Kulonprogo Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN PRESTASI GURU (MTs Negeri Wates Kulonprogo Yogyakarta))
06470019 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DAN PRESTASI GURU (MTs Negeri Wates Kulonprogo Yogyakarta))
06470019 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan kinerja dan prestasi guru. Adapun yang menjadi subyek disini adalah Kepala Sekolah dan Wakasek atau Guru MTs Negeri Wates Kulon Progo Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada kepala sekolah dan guru-guru tentang pelaksanaan supervisi yang efektif, sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Negeri Wates Kulon Progo Yogyakarta, MTs Negeri Wates berusaha membuktikan sepak terjangnya dalam bidang pendidikan terhadap upaya peningkatan kinerja dan prestasi guru. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data yang bersifat deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif adalah cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena ataupun data yang didapatkan. Oleh karena itu, penelitian ini lebih bersifat deskriptif analitik, yaitu uraian naratif mengenai suatu proses tingkah laku subyek sesuai dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, pelaksanaan supervisi akademik di MTs Negeri Wates Kulon Progo khususnya yang berkaitan dengan usaha peningkatan kinerja dan prestasi guru, sudah sukup baik. Kedua, hasil yang dicapai dalam pelaksanaan supervisi akademik, kompetensi profesional guru sudah mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan kepala sekolah maupun dengan guru yaitu mengenai kinerja dan prestasi guru. Ketiga, Teknik-teknik supervisi akademik yang diterapkan kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan tugas supervisinya meliputi kunjungan kelas, percakapan pribadi, rapat guru, pertemuan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), lokakarya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.S.i
Uncontrolled Keywords: peserta didik; supervisi pendidikan; prestasi guru
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 15:26
Last Modified: 10 Mar 2023 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum