STRATEGI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK N 1 PUNDONG BANTUL

Bintang Muhammad Nur Ikhsan, NIM.: 19204012011 (2022) STRATEGI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK N 1 PUNDONG BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK N 1 PUNDONG BANTUL)
19204012011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK N 1 PUNDONG BANTUL)
19204012011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang strategi peningkatan pendidikan karakter peserta didik di SMK N 1 Pundong ini dilatarbelakangi adanya pengaruh globalisasi yang telah menimbulkan dampak cukup pelik bagi generasi bangsa, degradasi moral yang kian tak terbendung dikalangan remaja. Ketika ancaman pengaruh negatif semakin menguat mengancam masa depan siswa, maka pendidikan karakter bagi siswa akan menjadi tameng dari pengaruh-pengaruh globlalisasi yang negatif. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan penelitian tentang strategi peningkatan pendidikan karakter peserta didik di SMK N 1 Pundong Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah Teknik sampling bertujuan (purposive sampling), adapun Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahaptahap sebagai berikut: 1) mereduksi data dengan cara mengumpulkan, merangkum, membuang data yang tidak perlu dan memfokuskan pada data-data yang sesuai untuk dianalisis, 2) penyajian data berupa uraian singkat dengan teks yang bersifat naratif, 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfatkan sesuatu yang lain, di luar data penelitian untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Implementasi Pendidikan karakter di SMK N 1 Pundong Bantul, adalah: menerapkan nilai-nilai ajaran islam dikelas, pembiasaan 5S dan pendampingan masalah pada anak-anak. 2) Strateginya ialah penerapan visi misi, guru harus jadi teladan yang baik dan selalu mengevaluasi program-program yang ada. 3) Problematika yang dialami ialah kurangnya dukungan penuh dari orang tua, lingkungan sekitar yang kurang baik sehingga pergaulan anak juga kurang baik dan masih kurangnya dukungan dari semua pihak yang terkait. 4) Hasil yang dicapai/didapat ialah menumbuhkan karakter baik pada siswa, meningkatkan iman, ilmu dan amal siswa dengan diadakannya pengajian rutin setiap bulannya, menumbuhkan kepribadian qurani pada siswa dengan adanya pembacaan asmaul husna dan literasi tadarus, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt dengan program PHBI, Dapat meningkatkan kebiasaan shalat berjamaah dengan adanya atau contoh sholat dzuhur berjamaah, menumbuhkan rasa tanggungjawab yang tinggi, dalam artian siswa-siswi ini memang harus mempunyai rasa tanggungjawab yang besar dalam hal apapun dan Dapat meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab siswa. Kata kunci: Strategi, Pendidikan, Karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman. M. Pd
Uncontrolled Keywords: education; character; peserta didik; guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:07
Last Modified: 13 Mar 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum