UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM KELAS X-3 SMAN I IMOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Agra Puspa Sanjaya, NIM.: 04451056 (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM KELAS X-3 SMAN I IMOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM KELAS X-3 SMAN I IMOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI POKOK KOMPONEN EKOSISTEM KELAS X-3 SMAN I IMOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif teknik STAD di kelas X-3 SMAN I Imogiri, 2) Mengetahui siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi belajar dan pemahaman siswa, 3) Mengetahui peningkatan apa saja yang muncul dalam setiap siklus. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus pada siswa kelas X-3 semester II di SMAN I Imogiri Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan subjek penelitian sebanyak 33 siswa. Materi pelajaran yang digunakan adalah materi pokok komponen ekosistem pada siklus I serta interaksi antarkomponen ekosistem pada siklus II. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi belajar siswa dan data kemampuan pemahaman siswa.. Data motivasi belajar siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase dan rerata tertimbang pada masingmasing aspek dalam motivasi belajar. Dari hasil analisis data motivasi pada siklus I diperoleh nilai rerata motivasi belajar siswa sebesar 0,75, sedang pada siklus II sebesar 2,02. Jadi selama siklus I dan II terjadi peningkatan rerata motivasi siswa sebesar 1,27. Data pemahaman siswa diambil dengan pre test dan post test siklus I dan siklus II dan ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post test siklus II dengan nilai rerata siklus I. Dari hasil analisis data diperoleh rerata nilai siklus I sebesar 6,82 dan rerata nilai post test siklus II sebesar 7,45. Dari nilai post test tersebut diperoleh nilai effect size sebesar 0,65, artinya tingkat pemahaman belajar biologi siswa meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat terlaksana pada pembelajaran biologi materi pokok komponen ekosistem di siswa kelas X-3 Semester II SMAN I Imogiri tahun pelajaran 2009/2010. Pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat dilaksanakan dengan dua siklus di kelas X-3 semester II SMAN I Imogiri pada materi pokok komponen ekosistem. Pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman biologi siswa kelas X-3 semester II SMAN I Imogiri Tahun Pelajaran 2009/2010 pada materi pokok komponen ekosistem meskipun peningkatannya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Teknik Stad, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:33
Last Modified: 13 Mar 2023 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum