EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN GANDEKAN BANTUL

Avifah Ufah, NIM.: 04451071 (2011) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI MAN GANDEKAN BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model reciprocal teaching terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi pada konsep Ekosistem di kelas X MAN Gandekan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Subjek penelitian siswa kelas X3 MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2009/2010. Data-data yang dikumpulkan berupa data berpikir kritis yang dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan kepada siswa dan guru untuk memperoleh data yang lebih rinci dan untuk melengkapi data hasil observasi. Analisis data untuk keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian secara umum dan statistik parametrik untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh positif dalam penerapan pembelajara kooperatif model reciprocal teaching terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mencapai tingkat keberhasilan sebesar 65.6% sedangkan kelas kontrol hanya mencapai angka 36.5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis, Ekosistem.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:35
Last Modified: 13 Mar 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum