EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN BRAINSTORMING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA

Nihlatun Ni’mah, NIM.: 04461128 (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN BRAINSTORMING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN BRAINSTORMING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN BRAINSTORMING GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa ditinjau dari model dan metode pengajaran yang diterapkan, 2) Mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran advance organizer dengan metode buzz group dan brainstorming group. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Metode pembelajaran untuk kelas eksperimen adalah dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer dengan bentuk metode buzz group, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode brainstorming group. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Waktu penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2008/2009, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar tes (pre test dan post test), lembar kerja siswa. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varians (Anava). Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis varians (Anava) diperoleh dari nilai fisika siswa yang diberi pelajaran fisika model pembelajaran Advance Organizer dengan menggunakan metode Buzz Group dan metode Brainstorming Group sebesar Fhit = 11,541> Ftab =3,98 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan hasil uji-t diperoleh sebesar thit = 3,882 > ttab = 2,000 dengan db = 71 pada taraf signifikansi 5 %. Dari perhitungan uji-t terhadap hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen. Dapat diketahui juga bahwa metode Buzz group lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan metode Brainstorming group, meskipun keduanya memiliki kesamaan berupa diskusi dan merupakan cara mencurahkan ide. Perbedaan itu hanya terletak pada jumlah anggota diskusi serta cara penyampaian ide. Buzz group terdiri dari 3-5 orang, sedangkan brainstorming bisa digunakan dalam kelompok besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Buzz Group dan Brainstorming Group dengan model Pembelajaran Advance Organizer
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:37
Last Modified: 13 Mar 2023 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum