PENENTUAN COD (CHEMICAL OXYGEN DEMAND) DAN BOD (BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND) DI SUNGAI GAJAHWONG (STUDI KASUS ALIRAN SUNGAI GAJAHWONG DUSUN GOWOK KECAMATAN CATUR TUNGGAL SLEMAN)

Amru Parisi, NIM.: 04630030 (2011) PENENTUAN COD (CHEMICAL OXYGEN DEMAND) DAN BOD (BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND) DI SUNGAI GAJAHWONG (STUDI KASUS ALIRAN SUNGAI GAJAHWONG DUSUN GOWOK KECAMATAN CATUR TUNGGAL SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN COD (CHEMICAL OXYGEN DEMAND) DAN BOD (BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND) DI SUNGAI GAJAHWONG (STUDI KASUS ALIRAN SUNGAI GAJAHWONG DUSUN GOWOK KECAMATAN CATUR TUNGGAL SLEMAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN COD (CHEMICAL OXYGEN DEMAND) DAN BOD (BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND) DI SUNGAI GAJAHWONG (STUDI KASUS ALIRAN SUNGAI GAJAHWONG DUSUN GOWOK KECAMATAN CATUR TUNGGAL SLEMAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pencemaran sungai merupakan masalah yang sangat serius, terutama sungai yang melalui daerah perkotaan. Adanya bahan pencemar dalam aliran sungai dapat mengganggu kesehatan masyarakat di sekitar sungai terutama hewan yang hidup dalam perariran tersebut. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat pencemaran aliran sungai Gajahwong di daerah dusun Gowok kelurahan Catur Tunggal Depok Sleman yaitu dengan menentukan nilai COD dan BOD. Nilai COD dan BOD ini sebanding dengan tingkat pencemaran pada badan sungai oleh bahan pencemar organik. Nilai COD didasarkan pada reaksi redoks antara bahan organik dengan oksidator kalium dikromat. Kalium dikromat yang ditambahkan harus berlebih sehingga dapat dititrasi dengan larutan standar Ferro Ammonium Sulfat (FAS). Berdasarkan volume hasil titrasi maka, nilai COD dapat ditentukan. Sedangkan nilai BOD didasarkan pada reaksi secara biokimia antara bahan organik dengan mikroorganisme yang membutuhkan oksigen. BOD merupakan selisih oksigen terlarut pada hari pertama pengambilan sampel dengan oksigen terlarut pada lima hari masa inkubasi. Setelah dilakukan penelitian laboratorium, pada setiap titik pengambilan sampel dari minggu pertama hingga minggu keempat menunjukkan nilai COD yang rendah atau masih dibawah standar baku mutu yaitu: 12,16 mg/L, 12,48 mg/L, 7,36 mg/L, dan 9,28 mg/L. Rendahnya kandungan organik ini juga ditunjukkan oleh rendahnya nilai BOD yaitu: 1,66 mg/L, 1,62 mg/L, 1,38 mg/L, dan 0.98 mg/L. Dari nilai COD dan BOD yang diperoleh menunjukkan bahwa aliran sungai Gajahwong di daerah dusun Gowok masih rendah tercemar oleh bahan organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Imelda Fajriati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Limbah Organik, COD, BOD
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:41
Last Modified: 13 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum