UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI MA. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Arifah, NIM.: 05430021 (2011) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI MA. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI MA. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS XI MA. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dengan 24 siswa MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta pada semester genap T. A 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada Pokok Bahasan Turunan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa, lembar angket, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri dari empat komponen yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data, serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT), tingkat keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan siswa ditunjukkan dengan adanya perhatian siswa terhadap penjelasan guru dan teman, mencatat materi pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan, berani menjawab dan mengemukakan pendapat, berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, menuliskan hasil diskusinya, berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, serta berani memberikan tanggapan terhadap kelompok lain. Secara kuantitatif peningkatan keaktifan siswa terlihat dari peningkatan rata-rata persentase skor angket keaktifan belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I yaitu sebesar 71,82% dengan kategori tinggi ke siklus II sebesar 74,92% dengan kategori tinggi. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 3,10%. Hasil observasi keaktifan siswa juga menujukkan adanya peningkatan persentase dari siklus I sebesar 65% dengan kualifikasi tinggi pada siklus II meningkat dengan kenaikan persentase keaktifan siswa menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hal ini berarti presentase keaktifan meningkat sebesar 22,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.S dan Dr. Ibrahim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:49
Last Modified: 13 Mar 2023 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57048

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum