PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 3P PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SRAGEN POKOK BAHASAN PERNAPASAN PADA MANUSIA

Daimah, NIM.: 02451130 (2010) PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 3P PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SRAGEN POKOK BAHASAN PERNAPASAN PADA MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 3P PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SRAGEN POKOK BAHASAN PERNAPASAN PADA MANUSIA)
02451130 BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN 3P PADA SISWA KELAS XI MAN 2 SRAGEN POKOK BAHASAN PERNAPASAN PADA MANUSIA)
02451130 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pendekatan 3P (Problem Posing, Problem Solving, Peer Persuasion) di Kelas XI MAN 2 Sragen pada tiap siklusnya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diperoleh dengan mengobservasi keterlaksanaan berlangsungnya pembelajaran dengan pendekatan 3P dan data keterlaksanaan yang diperoleh dengan mengobservasi partisipasi masing-masing siswa selama proses berlangsungnya pembelajaran juga data pret-test dan post-test yang diperoleh melalui tes tertulis. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Sragen tahun ajaran 2009/2010. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptip, yaitu berupa pemaparan frekuensi dan persentase kemampuan ketrampilan proses sains siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode pendekatan 3P dan pemaparan nilai rata-rata pre-test dan post-test sebagai ukuran ketrampilan proses sains siswa. Hasil analisis terhadap kemampuan ketrampilan proses sains siswa pada siklus I terjadi peningkatan. Kemampuan ketrampilan proses sains siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu ditandai dengan meningkatnya hasil post test pada siklus I sebesar 69,55 meningkat menjadi 83,18 pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran metode pendekatan 3P ini mampu meningkatkan kemampuan ketrampilan proses sains siswa Kelas XI MAN 2 Sragen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: problem posing; problem solving; peer persuasion; sains; pernapasan.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2023 11:27
Last Modified: 13 Mar 2023 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum