PENGARUH TANAH DAN ARAH PELETAKAN BENIH TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.)

Restu Isrami Astiani, NIM.: 06640020 (2011) PENGARUH TANAH DAN ARAH PELETAKAN BENIH TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TANAH DAN ARAH PELETAKAN BENIH TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TANAH DAN ARAH PELETAKAN BENIH TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN AWAL NYAMPLUNG (Calophyllum inophyllum L.))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sumberdaya hayati yang berpotensi besar sebagai sumber energi biofuel yang terbarukan adalah tumbuhan Nyamplung (Calophyllum inophylum L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari nilai kecepatan dan persentase tumbuh biji Nyamplung berdasarkan jenis tanahnya dan mengetahui dan mempelajari posisi peletakan biji Nyamplung yang optimal untuk perkecambahan dalam media tanah. Penelitian dilaksanakan pada bulan September–Oktober 2010 di Green House UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua belas perlakuan dan tujuh kali ulangan. Perlakuan terdiri dari berbagai jenis media tanam yaitu tanah merah, tanah lempung berpasir, tanah berkapur dan tanah andosol. Arah peletakan benih yaitu posisi pucuk atas, bawah dan samping. Parameter yang diamati adalah, (1) daya berkecambah; (2) nilai perkecambahan; (3) kecepatan berkecambah; (4) diameter batang; (5) panjang batang; (6) jumlah daun. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya berkecambah tertinggi diperoleh pada media tanah andosol sebesar 60%, nilai perkecambahan tertinggi pada media tanah lempung berpasir 0,46%, kecepatan berkecambah tertinggi pada media tanah andosol sebesar 2,61%, diameter batang tertinggi pada media tanah andosol dan berkapur sebesar 0,18%, panjang batang tertinggi pada media tanah andosol 6,86% dan jumlah daun tertinggi pada media tanah andosol sebesar 3,90%. Daya berkecambah, nilai perkecambahan dan kecepatan berkecambah tertinggi terdapat pada benih Nyamplung yang ditumbuhkan dengan posisi pucuk biji ke atas dan posisi pucuk biji ke samping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abdul Razaq Chasani S.Si., M.Si dan Widodo S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkecambahan Nyamplung, Nyamplung, Nilai Perkecambahan, Kecepatan Berkecambah, Pengaruh Tanah, Arah Peletakan Benih
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 14:24
Last Modified: 13 Mar 2023 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57072

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum