IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) UNTUK MENANGGULANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FISIKA

Habibur Rahim, NIM.: 05460025 (2010) IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) UNTUK MENANGGULANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) UNTUK MENANGGULANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FISIKA)
05460025 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL CONCEPT INVENTORY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICI (INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION) UNTUK MENANGGULANGI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FISIKA)
05460025_BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan awal dan miskonsepsi yang terdapat pada siswa berkaitan dengan konsep suhu dan kalor dengan menggunakan model Concept Inventory serta mengembangkan instruksi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Interactive Conceptual Instruction untuk membenahi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan Developmental Research dengan model IDI, yang meliputi proses define, develope dan evaluate. Subjek penelitian siswa kelas X-7 MAN Demak tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 44 siswa. Instrumen dalam penelitian ini antara lain tes diagnosa dengan model concept inventory yang dilengkapi dengan kolom alasan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa, lembar observasi untuk memperoleh data mengenai keterlaksanaan pembelajaran , dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan analisis deskriptif, sementara informasi pembenahan miskonsepsi siswa dianalisis dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test pada uji coba I, uji coba II dan uji coba III melalui persentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami siswa berkaitan dengan pokok bahasan suhu dan kalor adalah pada konsep perbedaan suhu dan kalor (61,37%), perubahan temperatur akibat kalor (58,33%), perubahan wujud zat (69,32%), pemuaian zat (66,67%), konduksi (68,94%), konveksi (70,45%), radiasi (64,77%) dan Azas Black (57,95%). Selanjutnya dalam pembelajaran yang merujuk pada pendekatan Interactive Conceptual Instruction dengan pengembangan instruksional dapat membenahi miskonsepsi siswa ditandai dengan menurunnya persentase miskonsepsi siswa di setiap uji coba dengan rata-rata sebesar 34,1% pada uji coba I, 40,94% pada uji coba II, dan 42,23% pada uji coba III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si,
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi; concept inventory; interactive conceptual instruction
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2023 14:10
Last Modified: 13 Mar 2023 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum