PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI LOANO PURWOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Ida Herawati, NIM.: 06600043 (2010) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI LOANO PURWOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMEC)
06600043 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN MODEL EKSPOSITORI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMEC)
06600043_BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL), model Contextual Teaching and Learning (CTL), dan model ekspositori. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari ketiga model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Negeri Loano Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Loano Purworejo tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 190 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk memperoleh data digunakan tes pada tiap-tiap kelompok dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu arah (One-Way ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa MTs Negeri Loano Purworejo yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CTL baik dibandingkan dengan model CTL maupun ekspositori, sedangkan antara model CTL dibandingkan model ekspositori tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis CTL lebih efektif 21,05% dari model pembelajaran CTL dan lebih efektif 35.67% dari model ekspositori dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan nilai post-test. Sedangkan untuk model pembelajaran CTL lebih efektif 14,89% dari model ekspositori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: STAD; CTL; belajar dan pembelajaran; pembelajaran ekspository
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2023 14:48
Last Modified: 13 Mar 2023 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum