PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Ahmad Najibullah, NIM.: 06670006 (2011) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MA AT-TANWIR BOJONEGORO PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI TAHUN PELAJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write terhadap prestasi belajar kimia peserta didik dan perbedaan prestasi peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Think-Talk-Write. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 MA At-Tanwir Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penerapan metode pembelajaran Think-Talk-Write. Dua sampel disini adalah dua kelas yang dibandingkan yaitu kelas eksperimen (XA) dan kelas kontrol (XB). Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Think-Talk-Write, sedangkan di kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Perbedaan prestasi belajar diukur menggunakan tes prestasi belajar kimia yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan uji-t diperoleh 1) nilai signifikansi (2-tailed) = 0,024 artinya lebih kecil dari batas yang di gunakan yaitu 5% (signifikansi < 0,05). Maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) yang ada pada taraf kesalahan 5%. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dengan peningkatan sebesar 1,23 dan p (peluang galat) sebesar 0,024. 2) hasil belajar kognitif memiliki thitung : 2,30 > ttabel : 1,07 dengan db (derajat bebas) 69 pada taraf signifikansi 5%, dari hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Think-Talk-Write berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kimia peserta didik kelas XA MA At-Tanwir Bojonegoro tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shidiq Premono, S.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran. Think-Talk-Write, Prestasi Siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:43
Last Modified: 14 Mar 2023 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum