TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR LABORATORIUM KIMIA SERTA PENGELOLAANNYA DI SMAN/MAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011

Dwi Wahyuni, NIM.: 06670020 (2011) TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR LABORATORIUM KIMIA SERTA PENGELOLAANNYA DI SMAN/MAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR LABORATORIUM KIMIA SERTA PENGELOLAANNYA DI SMAN/MAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT PENCAPAIAN STANDAR LABORATORIUM KIMIA SERTA PENGELOLAANNYA DI SMAN/MAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan harus dimiliki oleh setiap satuan pendidikan untuk mendukung keberhasilan kegiatan praktikum yaitu tersedianya laboratorium kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian standar laboratorium kimia, tingkat pengelolaan laboratorium kimia serta tingkat pengetahuan laboran terhadap pengelolaan laboratorium kimia di SMAN/MAN Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh laboratorium kimia di SMAN/MAN Kabupaten Bantul yang berjumlah 24, sedangkan sampel yang diambil adalah 8 laboratorium kimia di SMAN/MAN Kabupaten Bantul dengan menggunakan teknik quota random sampling. Sampel yang diambil terdiri dari 5 SMAN dan 3 MAN. Data penelitian standar laboratorium kimia diperoleh dari pengisian check list yang berisi sarana laboratorium kimia sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, data penelitian pengelolaan laboratorium kimia diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan laboran, sedangkan data penelitian pengetahuan pengelolaan laboratorium kimia diperoleh dari pengisian soal pengelolaan laboratorium kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pencapaian standar, tingkat pengelolaan, dan tingkat pengetahuan pengelolaan laboratorium kimia di SMAN/MAN Kabupaten Bantul masuk dalam kategori baik. Persentase yang dicapai secara berturut-turut yaitu: 75,29%, 66,20%, dan 63,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Esti Wahyu Widowati M. Si, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana, Pembelajaran Kimia, Laboratorium Praktek
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:49
Last Modified: 14 Mar 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum