PENGARUH STATUS SEKOLAH, LOKASI SSKOLAH, DAti GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI FISIKA SISWA KELAS XI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Erma Eka Listyaningrum, NIM.: 06690006 (2011) PENGARUH STATUS SEKOLAH, LOKASI SSKOLAH, DAti GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI FISIKA SISWA KELAS XI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STATUS SEKOLAH, LOKASI SSKOLAH, DAti GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI FISIKA SISWA KELAS XI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STATUS SEKOLAH, LOKASI SSKOLAH, DAti GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENCAPAIAN PRESTASI FISIKA SISWA KELAS XI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

sekolah, dan gaya belajar siswa terhadap pencapaian prestasi fisika siswa di beberapa kelas XI DIY. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pengambilan sampel menggunakan teknik stratified–cluster random sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket untuk siswa, angket untuk guru dan dokumentasi prestasi siswa, pada masing-masing status dan lokasi sekolah. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisa data mengkategorikan data diolah memakai software minitab 15. Tahap pengolahan data menggunakan analisa deskripsi, uji prasyarat analisa normalitas dan homogenitas, analisa data menggunakan anova tiga jalur dan diperkuat dengan anova 1 jalur. Hasil analisa data memberikan gambaran, yang pertama, ada perbedaan pengaruh hubungan status sekolah terhadap prestasi siswa yang signifikan, terbukti dari hasil analisis uji anova pada taraf signifikasi α = 0.05 yang diperoleh p-value = 0.000 maka p-value < α. Masing-masing sekolah mempunyai standar nilai KKM sebesar 75, total seluruh siswa sebanyak 305. Siswa yang berada di sekolah dengan status unggulan, nilai rata-rata siswa sebesar 79 sebanyak 32.8% (100 siswa), untuk siswa yang berada di sekolah dengan status menengah, nilai rata-rata sebesar 76 sebanyak 41.9% (128 siswa), dan siswa yang berada di status sekolah potensial, nilai rata-rata sebesar 74 sebanyak 25.3% (77 siswa). Kedua Ada perbedaan pengaruh hubungan lokasi sekolah terhadap prestasi siswa yang signifikan, terbukti dari hasil analisis uji anova pada taraf signifikasi α = 0.05 yang diperoleh p-value = 0.000 maka p-value < α. Siswa yang berada di sekolah urban, nilai rata-rata sebesar 74 sebanyak 37.4% (114 siswa), untuk siswa yang berada di lokasi sekolah rurban, nilai rata-rata sebesar 77 sebanyak 23.3% (71 siswa), dan siswa yang berada di lokasi sekolah rural nilai rata-rata sebesar 78 sebanyak 39.3% (120 siswa). Ketiga, ada perbedaan pengaruh hubungan gaya belajar siswa terhadap prestasi siswa meskipun kurang signifikan, terbukti dari hasil uji anova pada taraf signifikansi α = 0.05 yang diperoleh p-value = 1.86 sehingga p-value > α. Siswa dengan gaya belajar visual nilai rata-rata sebesar 77 sebanyak 33.5% (102 siswa), untuk siswa dengan gaya belajar auditori nilai ratarata sebesar 76 sebanyak 35.4% (108 siswa), dan siswa dengan gaya belajar kinestetik nilai rata-rata sebesar 75 sebanyak 31.1% ( 95 siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nita Handayani, M.Si dan Mohammad Pribadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Status Sekolah, Lokasi Sekolah, Gaya Belajar Siswa, Prestasi Siswa.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:11
Last Modified: 14 Mar 2023 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum