EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VII

Ansyari, NIM.: 06690009 (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VII)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VII)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dan metode ceramah dan diskusi, 2) efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dalam pembelajaran fisika ditinjau dari hasil belajar kognitif dan afektif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Angkasa Adisucipto Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes dan observasi. Analisis perbedaan hasil belajar menggunakan uji t dengan bantuan Microsoft Office Exel 2007, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar menggunakan persentase ketuntasan klasikal, kemudian dibuktikan dengan uji t satu sampel. Hasil perhitungan data hasil belajar kognitif diperoleh nilai thitung sebesar 6,53 dan ttabel 1,67 dengan α = 5% dan db 70. Sedangkan hasil belajar afektif diperoleh thitung sebesar 6,68 dan ttabel sebesar 1,67 dengan α = 5% dan db 70. Hasil pengujian data hasil belajar kognitif maupun afektif menunjukan bahwa thitung > ttabel atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksprimen dan kelas kontrol. Persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen untuk hasil belajar kognitif sebesar 91,67% dan hasil belajar afektif sebesar 97,22%. Hasil perhitungan menunjukan bahwa persentase ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen ≥ 75% dan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kemudian hasil tersebut diperkuat dengan uji t satu sampel yang membuktikan bahwa metode pada kelas eksperimen efektif terhadap hasil belajar kognitif maupun afektif. Adapun pada kelas kontrol diperoleh ketuntasan klasikal aspek kognitif sebesar 58,33% dan aspek afektif sebesar 47,22%. Hasil ini menunjukan bahwa kentuntasan klasikal pada kelas kontrol belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil uji t satu sampel pun menunjukan bahwa metode pada kelas kontrol tidak efektif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two efektif jika ditinjau dari hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah dan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Koperatif, Proses Belajar, The Power of Two
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:17
Last Modified: 14 Mar 2023 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum